MOBIL JUARA RUMAH ZAKAT HADIR SAAT PERINGATAN HARI PARU-PARU SEDUNIA DI SDN JERANG ILIR

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

CILEGON (27/11). Memperingati Hari Penyakit Paru-paru Sedunia, bersama Mobil Juara Cilegon, Fasilitator Kesehatan Rumah Zakat melakukan penyuluhan di SDN Jerang Ilir yang
berlokasi di SDN Jerang Ilir, Jl. Cikerai No.1, Kel. Karangasem, Kec. Cibeber, Kota Cilegon.

Penyuluhan yang diberikan membahas tentang bagaimana pentingnya menjaga paru- paru. Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) yang berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Penyakit paru-paru terjadi karena beberapa faktor, salah satunya asap rokok.

Penyuluhan kali ini tim Mobil Juara Rumah Zakat menghadirkan kak Alia untuk memberikan penyuluhan kesehatan tentang penyakit paru dengan metode dongeng. Dalam dongengnya kak Alia menceritakan bagaimana rokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama berbahaya bagi organ pernafasan seperti paru-paru. Tak lupa kak Alia pun mengajak para siswa untuk menghindari asap rokok dan menegur para perokok dengan baik dan sopan supaya terhindar dari penyakit paru-paru.

Semua siswa tampak memperhatikan dongeng yang disampaikan kak Alia . Ketika Evi salah satu tim Rumah Zakat meminta salah satu anak untuk mengulas pesan yang disampaikan, dengan semangat mereka mengacungkan tangan.

Fahmi, siswa kelas 1 ini begitu semangat mengulas kembali pesan yang di sampaikan kak Alia dalam dongengnya.

“Kita harus menghindari asap rokok, soalnya bahaya buat paru-paru. Jika ada orang yang merokok sebaiknya ditegur, Pak jangan ngerokok ngga baik soalnya bahaya, banyak racunnya dirokok itu” Ujar Fahmi menjelaskan. Kepolosan dan gaya bicara fahmi pun mendapat kan tepuk tangan dari temen-teman Fahmi yang lain.

Tidak hanya menyuguhkan penyuluhan kesehatan, tim juga menyuguhkan kegiatan lain yang tak kalah mendapat antussias dari para siswa. Kegiatan tersebut diantaranya lomba mewarnai, menonton film dan membaca buku.

Newsroom
Meli Latifah/Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Donation Confirmation