PERPUSTAKAAN SAMPAH DI DESA BERDAYA BINAAN RUMAH ZAKAT

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

PERPUSTAKAAN SAMPAH DI DESA BERDAYA BINAAN RUMAH ZAKATBOGOR. Pamoyanan adalah salah satu  Desa Berdaya binaan Rumah Zakat, di Desa Berdaya ini Rumah Zakat Melalui Relawan Inspirasi membuat program untuk memberdayakan warga desa tersebut, adapun program – program yang telah di gulirkan adalah Kampung Edukasi,Taman Bacaan Masyarakat, dan Bank Sampah selain itu di perpustakaan sampah ini Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasi memberikan pembinaan kepada para pengunjung perpustkaan sampah khususnya anak sekolah,mereka dimotivasi agar terus semagat belajar dan menambah hapalannya.

Desa Berdaya Pamoyanan yang terletak di Kp. Nagrog Rt 02/12 Pamoyanan Kota Bogor Selatan Jawa Barat ini menerapkan konsep yang menarik pada Taman Bacaan Masyarakatnya yaitu Perpustakaan Sampah dengan menjadikan sampah sebagai “tiket” untuk membaca dan meminjam buku serta sampah yang dikumpulkan di perpustakaan tersebut akan menjadi tabungan bagi para pengunjung.

“Perpusatakaan Sampah ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, terutama di wiliyah sekitar, selain itu Perpusatakaan Sampah ini bertujuan untuk mengurangi sampah yang menjadi permasalahan yang masih membelenggu negara ini” Terang Elan Zaelani salah satu Relawan Inspirasi Rumah Zakat

Perpustakaan Sampah ini sudah menampung banyak buku , sehingga tempat untuk menampungnya sudah tidak muat lagi, anak – anak yang datang ke Perpustakaan Sampah selalu berkumpul di teras rumah karena belum ada bangunan khusus untuk membaca, dan jika hujan maka anak-anak selalu terkena air hujan dari depan kalau panas mereka merasakan teriknya matahari, namun meskipun begitu anak – anak masih tetap semangat untuk berkunjung sambil membawa sampah sebagai tiket masuk perpustakaan.

Zaelani melanjutkan “pengunjung TBM ini antara lain adalah anak-anak yang berjumlah 30 orang , dan juga rombongan ibu-ibu pengajian masjid karena sebelah Perpustakaan Sampah adalah masjid”

 

Newsroom/ Lailatul Istikhomah

Bogor

Tags :
Donation Confirmation