PT. PERTAMINA TBBM KISARAN DAN RUMAH ZAKAT GELAR PELATIHAN DAN BANTUAN USAHA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

KISARAN(22/11). PT. Pertamina (Persero) TBBM Kisaran bersama Rumah Zakat menggelar pelatihan kewirausahaan dan menyalurkan bantuan modal usaha melalui Program CSR Pemberdayaan Ekonomi di Kelurahan Kisaran Baru.

Kamis, 22 November 2018 lalu,kegiatan pelatihan ini berlangsung mulai pagi hingga siang hari. Bertempat di Jl. Chairil Anwar No. 6 Kisaran dengan diikut oleh 7 (tujuh) orang pelaku usaha kecil dan menengah yang merupakan mitra binaan PT. Pertamina TBBM Kisaran dan Rumah Zakat.

Fasilitator Project Rumah Zakat, Eko Priadi, SH, MH hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini. Salah seorang akademisi di Fakultas Syariah IAIDU Asahan juga hadir sebagai pemateri kedua dalam kegiatan ini. Dalam pemaparannya, Eko menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mendukung masyarakat pelaku UKM mintra binaan dalam mengembangkan usahanya, baik dari segi permodalan, sarana usaha, hingga pengembangan pemasaran.

“Pihak Pertamina maupun Rumah Zakat selaku sponsor program pemberdayaan ekonomi ini berharap kegiatan pelatihan kewirausahaan ini dapat memberikan wawasan, pengetahuan dan pengembangan soft skill dalam manajemen usaha, khususnya bagi pelaku UKM mitra binaan yang selama ini sudah mereka jalankan sebelumnya,” ungkap Eko lebih lanjut.

Dalam pelatihan ini, para peserta diberikan pemahaman tentang urgensi manajemen keuangan usaha dan sekaligus praktik pembuatan catatan cash flow sederhana untuk usaha
masing-masing peserta.

“Salah satu kendala utama yang dihadapi para pelaku UKM di lapangan adalah keterbatasan wawasan dan kelemahan mereka dalam manajemen keuangan usaha. Itu sebabnya  kenapa banyak para pelaku UKM yang tidak berkembang usahanya, walaupun sudah dilakoni bertahun-tahun, bahkan yang lebih parah, banyak juga yang sampai bangkrut karena terjebak riba yang berkedok kredit usaha” papar Eko dalam presentasinya.

Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini diakhiri dengan penyaluran bantuan modal usaha kepada para pelaku UKM yang menjadi mitra binaan Program CSR Pemberdayaan Ekonomi PT. Pertamina (Persero) TBBM Kisaran dan Rumah Zakat. Ini merupakan penyaluran bantuan tahap ke empat sejak program ini diluncurkan pada Agustus 2018 lalu.

Newsroom
Nurul Ulfa/Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Donation Confirmation