SD JUARA BERSIHKAN CIKAPUNDUNG

BANDUNG. Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kota Bandung yang ke 201, siswa SD Juara melakukan aksi peduli lingkungan “Hayu Hejo” dengan membersihkan sampah yang ada di bantaran Sungai Cikapundung. Aksi ini dilakukan bersama Komunitas Kuya Tiga Belas. Siswa-siswi SD Juara dalam aksi kali ini membersihkan sampah yang ada disepanjang sungai yang melintasi kkelurahan Taman Sari Kota Bandung, Senin (26/9).

Air sungai yang keruh dan berbau bercampur limbah rumah tangga tidak menyurutkan kepedulian mereka. Salah satu siswa kelas 6, Anisa Firdaus awalnya merasa jijik ketika untuk pertama kalinya turun ke sungai. “Airnya kotor, apalagi saat mengangkat sampah baunya menyengat,”kata Anisa, namun ia merasa bangga dan senang karena ikut menjadi bagian masyarakat Kota Bandung yang peduli dengan Sungai Cikapundung.

“Ternyata bermain disungai itu sangat menyenangkan,apalagi kalau sungainya bersih,”ujarnya lagi. “Harapannya Sungai Cikapundung ini bisa menjadi arena bermain yang sehat dan bersih,”tambahnya.Ia pun mengajak kepada masyarakat yang ada dibantaran sungai untuk ikut seta menjaga kebersihan sungai.

Selain membersihkan sampah, siswa-siswi juga diajak menanam benih ikan di sungai Cikapundung, jumlah ikannya disamakan dengan HUT kota Bandung sebanyak 201 ekor ikan. Selian itu juga melakukan aktivitas out bond, seperti fly fox yang melintas sungai dan arung jeram. Kegiatan Peduli Hayu Hejo ini melibatkan 145 siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6,”Kegiatan ini untuk menghadirkan kepedulian siswa terhadap lingkungannya,”Kata Tito Suhendar,Kepala SD Juara Bandung saat mendampingi siswanya. Acara ini juga diliput dari berbagai media cetak dan elektronik di Kota Bandung.***

Newsroom/Yudi Juliana

Bandung

Tags :
Donation Confirmation