SUPERQURBAN JANGKAU DAERAH TERPARAH GEMPA HALMAHERA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

SAKETA (22/07)2019. Pasca gempa 7,2 M melanda bumi Halmahera, ribuan orang kehilangan tempat tinggalnya. Mereka terpaksa tinggal di tenda-tenda darurat. Pada kesempatan ini, tim relawan Rumah Zakat bergerak melakukan aksi, menyusuri desa-desa di Kec. Gane Timur Selatan. Kecamatan Gane Timur Selatan termasuk wilayah yang terdampak gempa paling parah. Karena jarak desa-desa di wilayah ini hanya berjarak 2-11Km dari titik pusatĀ  gempa.

Desa-desa yang dijangkau tim meliputi Desa Gane Dalam, Gane Luar, Desa Kuwo, Desa Ranga-Ranga. Sebagian besar Desa-desa ini hanya dapat di tempuh dengan jalur laut dan udara. Walaupun masih 1 kepulauan dengan pulau Halmahera, tapi blum ada akses darat untuk tembus kesana.

Saat ekspedisi tim melakukan pendataan, ternyata kebutuhan mendesak saat ini adalah akses komunikasi, listrik dan air bersi. Saat ini warga korban terdampak gempa sudah sekitar sepekan Setelah tinggal di tenda-tenda darurat. Kebutuhan MCK, dan kesehatan juga darurat disana.

Selanjutnya tim Rumah Zakat menyalurkan paket rendang dan kornet Superqurban sebagai bantuan cadangan pangan bagi warga terdampak bencana. Tim relawan Rumah Zakat terus bahu membahu bersama TNI-Polri, menyalurkan logistik ke desa-desa yang sulit di akses ini.

Kehadiran Superqurban sangat bermanfaat di lokasi bencana, terutama d Maluku Utara ini, sebagai variasi dan ketahanan pangan dan gizi para penyintas dan relawan di lapangan, yang setiap harinya makan dengan mie instan.

Mari bergerak nyata dengan berpartisipasi dalam program Superqurban siaga pangan untuk daerah rawan bencana.

Superqurban energi berkelanjutan.

Newsroom

Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Donation Confirmation