TRAUMA HEALING UNTUK ANAK KORBAN LETUSAN MERAPI

YOGYAKARTA. Selain memberangkatkan Tim Medis di kecamatan Muntilan, Hargobinangun, Purwobinangun, Rumah Zakat juga mengirimkan bantuan ke Kepuhharjo. Bantuan yang diterjunkan berupa bantuan medis, trauma healling, dan logistik, Rabu (27/10).

Trauma healing diperuntukkan bagi anak-anak korban bencana letusan Gunung Merapi, yang dikelompokkan berdasarkan usia dan jenjang pendidikan, dalam pelaksanannanya anak-anak ini akan diberikan materi recovery kondisi psikologis. “Kondisi psikologis anak-anak selama di pengungsian harus tetap kita perhatikan agar tidak terjadi trauma psikologis untuk perkembangan jiwa mereka,” ujar Budi Hadiastuti selaku koordinator trauma healing dari Rumah Zakat saat berkoordinasi dengan tim yang akan diturunkan.

Selain itu Rumah Zakat akan mendirikan 4 posko dapur umum untuk menyedikan fasilitas logistik yang dibutuhkan para pengungsi. Dapur umum yang akan didirikan diharapkan mampu mensuplai gizi pengungsi. “Kita akan kreasikan kornet Superqurban yang sarat gizi untuk memenuhi kebutuhan pangan pengungsi,” ujar Didik Agus, ICD Head Yogyakarta.

Sementara bantuan medis akan mengerahkan 2 armada ambulance beserta Tim Medis yang siaga di lokasi pengungsian. “Sementara ini, 2 armada dan tim kesehatan kita sudah standby di Muntilan dan Hargobinangun,” Ujar Endah penanggung jawab Tim Medis.***

Newsroom/Muhammad Zahron
Yogyakarta

Tags :
Donation Confirmation