[:ID]MENJAUHKAN SIFAT BAKHIL[:]

[:ID]BANDUNG, Rumah Zakat – Sahabat, pernahkah kita mendengar kata bakhil? lantas apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika mendengar kata tersebut? selintas, bakhil berasal dari kata Al-Bakhil yang berarti menahan sesuatu.

Kata Bakhil serupa dengan kikir/pelit, bakhil adalah sikap mental yang enggan mengeluarkan sebagian hartanya yang wajib untuk dikeluarkannya seperti membayar zakat. Bakhil adalah penyakit hati yang harus kita jauhi.

Penyakit ini menimpa mereka yang mencintai harta dan beranggapan bahwa harta kekayaannya itu adalah miliknya secara hakiki. Akibatnya ia merasa berat mengeluarkan hartanya karena takut hartanya berkurang atau jatuh miskin.

Rasullullah SAW mengancam orang-orang yang bakhil termasuk diantaranya mereka yang enggan untuk mengeluarkan sebagian kekayaan yang menjadi kewajibannya untuk dizakati dengan hukuman yang sangat berat di akhirat nanti. Naudzubillah.

Salah satu target kewajiban berzakat adalah mengikis sifat kikir, maka setiap pihak yang mampu dan telah menunaikan hak atas harta yang dimilikinya itu dan telah mendermakan sebagian hartanya untuk orang lain yang berhak.

Sahabat dengan menyalurkan sebagian kecil harta sebagai zakat, maka kita telah mengikis sifat tersebut, pada saat yang sama memanamkan sifat kedermawanan pada diri muzaki.

Semoga bermanfaat…[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia