Merupakan rangkaian program yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembalikan dan meningkatkan fungsi dan kinerja Posyandu untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak.

Rangkaian Kegiatan Siaga Posyandu
1. Kegiatan Posyandu
Merupakan program yang menyediakan layanan kesehatan dalam bentuk promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak.
2. Therapeutic Feeding Center
Merupakan kegiatan yang berupaya untuk perbaikan gizi balita berstatus bawah garis merah (BGM) sehingga menjadikan gizi balita lebih baik. Dengan kegiatan kunjungan ahli kesehatan dalam pemantauan gizi secara intensif terhadap balita, pemberian makanan tambahan, pemberian edukasi terhadap orang tua dan masyarakat lainnya.
3. Kebun Gizi
Merupakan program optimalisasi lahan kosong pekarangan agar menjadi kebun hijau produktif yang membudidayakan sayur dan buah sehingga dapat dimanfaatkan untuk PMT (Pemberian Makanan Tambahan).

Tujuan Kegiatan
1. Mewujudkan kemandirian Posyandu.
2. Berupaya mengurangi balita bergizi buruk dan menjadikan gizi balita lebih baik. Dengan peningkatan status gizi balita BGM menjadi hijau.
3. Terpenuhinya kebutuhan makanan tambahan untuk balita dari kebun gizi.

Implementasi Layanan
1. Pemberian PMT bagi balita peserta Posyandu.
2. Pelayanan anak gizi buruk.
3. Perawatan dan pengobatan anak gizi buruk dengan intensif.
4. Pemberian edukasi kepada orang tua dan masyarakat lainnya berupa penyuluhan tentang kesehatan gizi anak.
5. Pelatihan pembuatan variasi makanan tambahan untuk balita.
6. Pengadaan makanan tambahan dari hasil kebun gizi yang dikelola posyandu.

SIAGA POSYANDU TAHUN 2015

Di tahun 2015, program Siaga Posyandu telah melayani 176,868 Penerima Layanan Manfaat di ICD (Integrated Community Development) binaan RZ di 29 kota.
TABEL ii

Kegiatan Posyandu Tahun 2015

RZ telah melakukan edukasi dan pembinaan terpadu kepada 100% kader posyandu yang ada di ICD, agar kader di lingkungan setempat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni sebagai kader kesehatan. Selama tahun 2015, dari seluruh balita yang ada di wilayah ICD, 83% balita rajin hadir ke posyandu yang diselenggarakan, dan 56% diantaranya mengalami kenaikan berat yang baik.

Dengan terus diberikan edukasi dan pembinaan, para ibu di lingkungan ICD juga menjadi lebih perhatian dalam memberikan ASI ekslusif untuk anak-anaknya. Tercatat, 55% ibu sudah melakukan inisiasi menyusui dini (artinya sebanyak 55% bayi sudah mendapat ASI langsung pasca lahiran). Balita yang hadir ke posyandu, 74%-nya mendapakan ASI ekslusif.

Kebun Gizi Tahun 2015

Program Kebun Gizi yang digulirkan RZ diikuti sebanyak 45% KK (Kepala Keluarga) yang ada di wilayah ICD. Dampak dari program ini dirasakan oleh sekitar 36% KK saat panen. Berkat edukasi yang dilakukan secara berkala mengenai pentingnya konsumsi buah dan sayur, 71% masyarakat di lingkungan ICD sudah rajin mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari .

PROGRAM SIAGA POSYANDU TAHUN 2016

Untuk semakin meningkatkan derajat kesehatan Ibu dan Anak, RZ mengajak Sobat untuk turut serta dalam program Siaga Posyandu. Bentuk keikutsertaan Sobat dalam program ini bisa melalui 2 cara :

1. Donasi Program Siaga Posyandu_03022016_1
2. Menjadi Peserta Pekan Berbagi Senyum Daftar disini.