169 BALITA KAMPUNG NELAYAN DIBERIKAN VITAMIN A DAN IMUNISASI DI POSYANDU PERTAMINA SEHATI

MEDAN. (14/02) Separuh Negara di dunia memiliki permasalahan kondisi kekurangan vitamin A. Permasalahan kekurangan vitamin A merupakan salah satu permasalahan utama kesehatan masyarakat yang dialami oleh negara miskin dan berkembang.

Indonesia telah aktif mengkampanyekan penanganan kondisi kekurangan vitamin A, dengan program suplementasi vitamin A dua kali dalam satu tahun, sejak tahun 1970-an sehingga saat ini permasalahan kekurangan vitamin A sudah tidak menjadi permasalahan kesehatan masyarakat. Hingga saat ini program pemberian suplementasi vitamin A pada kelompok masyarakat yang rentan kekurangan vitamin A masih terus dilakukan.

Dalam rangka memperingati bulan vitamin A, maka pada Kamis (14/02), Posyandu Pertamina Sehati memberikan vitamin A kepada Balita peserta Posyandu Sehati di lingkungan 12 Kelurahan Medan Belawan, Kampung Nelayan. Posyandu ini dimulai dari pukul 09:00 dan ditutup pukul 13:00 wib. Rangkaian kegiatan berupa Pendaftaran, Penimbangan berat Badan, Pengisian KMS, Pemberian PMT, Imunisasi, Suntik KB dan Pemberian Vitamin A.

tercatat peserta Yang hadir sebanyak 169 Balita, 5 orang Ibu yang melakukan Suntik KB.

“Kekurangan vitamin A dapat disebabkan oleh gizi yang tidak seimbang, malabsorpsi lemak, atau gangguan hati, melemahkan sistem imun dan produksi sel darah merah (hematopoiesis), menyebabkan ruam kulit, dan gangguan penglihatan (contohnya xerophthalmia, rabun malam),” ujar Kiki Rismadi selaku pendamping Posyandu.

Bulan vitamin A disambut sangat baik oleh ibu ibu balita yang tinggal disekitar lokasi Kegiatan Posyandu.

“Kami sangat senang bisa membantu mensukseskan pelaksanaan kegiatan hari ini,” Ungkap Salmiah salah satu kader posyandu sehati kampung Nelayan.

Newsroom
Angga/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi