AKSI FOGING BERANTAS DEMAM BERDARAH DI PEKANBARU

PEKANBARU. Tim Rumah Zakat cabang Pekanbaru menggelar aksi foging berantas Demam Berdarah (DBD) di Pekanbaru. Aksi ini dilaksanakan dengan 3 kali aksi foging dan penyuluhan dari rumah ke rumah berturut-turut dilaksanakan selama 2 pekan. Aksi Pertama dilaksanakan Rabu (26/10) di Meranti Pandak wilayah Integrated Community Development (ICD) Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Aksi kedua dilaksanakan Sabtu (29/10) di Empowering Centre Limbungan wilayah ICD Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Dan Aksi terakhir dilaksanakan Sabtu (5/11) di RW 5 Sri Meranti wilayah ICD Rumbai.

Dari 3 lokasi tersebut yang awalnya hanya ditargetkan untuk 300 rumah, ternyata sebanyak 524 rumah berhasil difogging dan diberikan penyuluhan secara langsung tentang bagaimana mencegah nyamuk Demam Berdarah (DBD) berkembang biak dengan 4M plus (Menguras, Menutup, Mengubur, dan Mengontrol) semua tempat air di setiap rumah. Setiap pemilik rumah juga diberikan pengetahuan tentang mengenali gejala dan siklus DBD sekaligus cara menangani pasien.

Warga dan aparat desa sangat mendukung dan berterimakasih atas adanya kegiatan ini. Apalagi selama Oktober 2011, 4  pasien DBD dari wilayah ICD Rumbai pesisir telah meninggal dunia. “Terimakasih banyak atas tindakan nyata Rumah Zakat di wilayah kami. Sebenarnya kami sudah meminta pihak kesehatan wilayah sejak awal Oktober dan sudah disanggupi. Tapi sayangnya sampai kemarin masih belum ada realisasinya.

Alhamdulillah bapak-bapak dari Rumah Zakat cabang Pekanbaru telah melakukan fogging dan penyuluhan DBD dari rumah ke rumah,” ujar ketua posyandu RW 5 Sri Meranti Huzaima. Warga terlihat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, terlihat dari kebersamaan mereka saat secara gotong royong membersihkan seluruh parit di lingkungan mereka begitu mendapatkan pemberitahuan akan ada foging dan penyuluhan dari Rumah Zakat. ***

Newsroom/Emi Susanti

Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi