AKSI JUMANTIK, WARGA MAKIN SADAR JAGA LINGKUNGAN

aksi-jumantik-warga-makin-sadar-jaga-lingkunganMAKASSAR. (20/12). Jumantik atau Juru Pemantau Jentik merupakan salah satu wujud dari program Siaga Jentik yang digulirkan oleh Cita Sehat Foundation (CSF) bersama RZ. Program ini bertujuan untuk menanggulangi penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bahaya nyamuk apa saja penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk.

Tugas seorang juru pemantau jentik sendiri adalah melakukan pemantauan ke setiap rumah warga dan memastikan agar di rumah warga dan lingkungannya itu terbebas dari jentik nyamuk. Seperti yang dilakukan oleh para jumantik di kota Makassar.

Aksi Jumantik kali ini dilaksanakan di Kampung Parang, Tamanlarea Jaya yang merupakan salah satu daerah binaan Cita Sehat dan RZ Makassar. Para jumantik menyambangi 32 rumah di kawasan tersebut. Setiap kunjungan, mereka melakukan pemeriksaan jentik di tempat penyimpanan air dan di beberapa titik yang memungkinkan nyamuk untuk berkembang biak.

Selain pemeriksaan jentik, para jumantik pun melakukan pemeriksaan tekanan darah pada warga dan memberikan edukasi singkat mengenai bahaya nyamuk.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan pemeriksaan jentik ini kita lebih sadar tentang manfaat menjaga kesehatan lingkungan supaya terbebas dari berkembangnya nyamuk sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk,” tutur Naharia, warga setempat.

Newsroom/Nurul Rahayu
Makassar

Tags :
Konfirmasi Donasi