AKSI PEDULI BENCANA BANJIR DEMAK : EVAKUASI WARGA, DISTRIBUSI BANTUAN HINGGA MENDIRIKAN POSKO

DEMAK. Curah hujan tinggi sejak Kamis (15/02) menyebabkan sungai Dombo di Kab. Demak meluap dan menggenangi pemukiman warga di Desa Prampelan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Menurut BPDB setempat Jalan desa terendam sepanjang 4,5 KM dengan ketinggian air rata – rata 40-100 CM, 1003 rumah terendam dan 4.124 warga terdampak serta sawah yang gagal panen sekitar 300 Ha.

Sejak Sabtu (17/02) Rumah Zakat menugaskan 3 orang Relawan untuk melakukan Aksi peduli bencana. Relawan melakukan assesment serta koordinasi dengan kepala Dusun Ngepreh Rw 02, evakuasi warga, distribusi bantuan berupa Hygienes kit, Paket Makanan, popok bayi dan Kornet Superqurban pun dilakukan. Aksi Peduli Bencana pun berlanjut ke hari selanjutnya.

“Hari Ahad ini kami membuka Posko Hangat di Balai Desa Prempalan, Kami juga mengirimkan Tim untuk Dapur Umum, dan akan menyalurkan kebutuhan logistik bersama Fasilitator Desa Berdaya langsung kepada warga yang terjebak di rumah – rumah,” ujar Khalida, Koordinator Relawan untuk Aksi peduli bencana Banjir Demak pada Ahad (18/02).

Distribusi langsung bantuan logistik di Dukuh Ngepreh berupa Hygienie Kit, Minyak Kayu Putih, Susu Kaleng, Popok Bayi, Kornet Superqurban. Sampai saat ini sekitar 100 warga sudah di evakuasi untuk mengungsi di Balai Desa Prampelan, semantara sebagian besar warga masih bertahan di rumah masing – masing.

“Kami distribusi logistik langsung ke warga, karena memang kondisi warga yang menetap dirumah masing – masing.Semoga bantuan dari Rumah Zakat dapat membantu warga dari dampak banjir yang sudah 4 hari berlangsung,” ujar Bari, Fasilitator Desa Berdaya wilayah Kab. Demak.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Demak

Tags :
Konfirmasi Donasi