AKSI PERDANA MOBIL SEHAT PGN DI LAMPUNG

LAMPUNG. Mobil Sehat PGN bersama Rumah Zakat kembali melakukan aksi kesehatan di Desa Gunung Katun Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung, Sabtu (12/3). Desa Gunung Katun ini merupakan satu dari dua Daerah Binaan yang disepakati bersama mitra (PGN) yang akan mendapat layanan aksi Mobil Sehat PGN setiap dua bulan sekali.

Bergantian dengan Daerah Binaan Desa Bumi Jawa Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Sementara aksi di luar kedua daerah tersebut adalah aksi sporadis yang kurang lebih secara total ada 22 titik aksi sporadis yang terbagi atas wilayah SBU Lampung Timur dan Tulang Bawang Barat.

Aksi dimulai pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB. Warga sangat antusias untuk hadir dalam kegiatan ini. Tim Mobil Sehat PGN terdir dari, 3 dokter bertugas di pemeriksaan umum, 1 dokter bertugas di pemeriksaan Ibu Hamil dengan USG sekaligus penyuluh, 1 perawat gigi, 1 bidan, 1 perawat, 2 apoteker, dan 5 relawan umum yang bertugas di pemeriksaan GCU (Glucose, Cholesterol, Urid Acid), pendaftaran dan alur, serta dokumentasi. Sementara itu Amil Rumah Zakat yang turut dalam tim adalah Health Care Officer selaku PIC dan 2 orang Driver.

Pada kesempatan ini, Dr. Tika selaku Kepala Puskesmas Kertaraharja (Puskesmas Induk ) dan Bidan Ami selaku Bidan PTT di Desa Gunung Katun juga berkenan hadir memantau jalannya Aksi Mobil Sehat PGN. Kepala Desa Gunung Katun yang diwakili oleh Juanda selaku Sekretaris Desa dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada PGN yang telah begitu peduli kepada warganya, dan berharap warganya juga mau menjaga sarana PGN yang ada di wilayah mereka.

Hingga aksi berakhir dari seluruh layanan yang diberikan tercatat 192 orang penerima manfaat, 52 mendapatkan penyuluhan tentang “Ostheoporosis”, 102 mendapatkan layanan pemeriksaan dan pengobatan umum (7 diantaranya mendapatkan cek GCU atas rekomendasi dokter), 15 layanan kesehatan gigi, 10 layanan USG, dan 13 balita mendapatkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan). Selain itu seluruh penerima manfaat pun mendapatkan edukasi PHBS dengan mendapatkan pembagian kalender PHBS. ***

Newsroom/Lena Nurhidayah
Lampung

Tags :
Konfirmasi Donasi