AKSI TANGGAP RELAWAN RZ PADA BENCANA ALAM SINABUNG

MEDAN. Usai dinyatakakan aman dengan diturunkannya status gunung Sinabung dari Siaga 3 menjadi waspada pada akhir September 2013 lalu. Kini gunung Sinabung kembali erupsi, sudah tercatat lebih dari 5 kali erupsi gunung Sinabung dengan mengeluarkan abu vulkanik. Dan kali ini cakupannya lebih luas dan lebih tebal dari sebelumnya.

Relawan RZ Medan melakukan aksi tanggap bencana dengan membagikan masker sebanyak 11.500 buah untuk masyarakat di beberapa Desa di kaki Gunung Sinabung. Diantaranya, Desa Rimo Kayu, Desa Batu Karang, Desa Tiga Nderket, Desa Naman, Desa Sigarang-garang dan Desa Ndeskati.

Kegiatan warga sebagian mulai mengungsi karena khawatir dengan kondisi gunung Sinabung yang belum bisa diprediksi aman. Setiap malamnya, masyarakat mengungsi di lokasi pengungsian yang dibangun atas inisiatif warga sendiri. Yang muslim mengungsi di mesjid dan yang non muslim mengungsi di gereja dan jambur.

Dengan kejadian seperti ini membuat roda perekonomian masyarakat juga ikut terhambat. Dibutuhkan logistic seperti sembako untuk kebutuhan dapur umum warga. Tercatat ada 150 kepala keluarga muslim yang mengungsi di mesjid yang dijadikan sebagai tempat pengungsian.***

Newsroom/Budi Syahputra
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi