ANAK-ANAK ROHINGYA BELAJAR PENTINGNYA MENYIKAT GIGI

BANGLADESH. “Mayoritas anak- anak di camp pengungsi jarang sikat gigi. Banyak hal yang menyebabkan hal itu terjadi, mulai dari tidak adanya dana untuk membeli sikat dan pasta gigi hingga ketidaktahuan yang orang tua mereka dalam pentingnya merawat gigi dengan cara menyikat gigi,” ungkap Dokter Januar Habibi, salah satu Tim Medis Rumah Zakat.

Melihat hal tersebut, Tim Medis Rumah Zakat yang tergabung dalam Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) menyelenggarakan kegiatan games edukatif Pentingnya Menyikat Gigi di Jamtoli Camp, Ukhiya, Bangladesh (15/01).

“Kadang kita berpikir wajar saat melihat gigi anak yang rusak, karena merasa mereka masih anak-anak. Padahal, kondisi itu tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut jika dibiarkan terlalu lama. Salah satu dampak kerusakan gigi adalah berubahnya bentuk mulut dan tatanan gigi pada saat anak dewasa nanti,” jelas Dokter Januar.

Anak-anak Rohingya terlihat sangat senang saat Tim Rumah Zakat membagikan perlengkapan sikat gigi kepada mereka. Dengan semangat, mereka mengikuti arahan cara menyikat gigi.

“Meski hidup dalam keadaan serba kurang di pengungsian, semoga anak-anak ini tetap bisa menjaga kesehatan dirinya, salah satunya kesehatan gigi. Karena tentu kehidupan di camp akan semakin sulit jika mereka sakit,” pungkas Dokter Januar.

Newsroom/ Ria Arianti
Bangladesh

Tags :
Konfirmasi Donasi