ATASI MASALAH SAMPAH, BANJARANYAR OPTIMALKAN BANK SAMPAH

TEGAL. Banjaranyar adalah desa padat penduduk yang terletak di Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Sekira 8.086 jiwa memadati desa yang terdiri dari lima RW ini.

Penduduk yang banyak ditambah belum adanya kesadaran masyarakat
akan pentingnya kebersihan lingkungan, memunculkan masalah baru yaitu sampah yang volumenya terus bertambah tanpa bisa dikendalikan.

Melihat realitas yang ada, Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya untuk Banjaranyar bersama masyarakat terus melakukan optimalisasi peran bank sampah dalam rangka mengatasi masalah sampah yang volumenya semakn sulit untuk dikendalikan.

“Saat ini kami terus melakukan sosialisasi program bank sampah ke masyarakat. Pertama, untuk memperkenalkan apa itu bank sampah. Kedua, menyampaikan program bank sampah. Dan ketiga, mengajak masyarakat untuk memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis untuk kemudian ditabung di bank sampah” terang Miska, Fasilitator Desa Berdaya saat mendampingi kader penggerak bank sampah
saat proses pemilahan, Ahad pagi (14/01).

Dari upaya yang dilakukan Miska, hasilnya kini terlihat masyarakat semakin giat untuk menabung sampah.

“Alhamdulillah masyarakat semakn giat untuk menabung. Bahkan di sini, kader penggerak tidak tinggal diam menunggu masyarakat menabung, namun kami juga “jemput bola” untuk mengajak masyarakat yang belum tersadarkan” Imbuh Miska

Newsroom/ Dani Suhardi
Tegal

Tags :
Konfirmasi Donasi