BANTUAN PANGAN UNTUK TERDAMPAK GIZI BURUK KABUPATEN ASMAT

JAYAPURA. Menindaklanjuti Kejadian Luar Biasa Gizi Buruk di Kabupaten Asmat yang telah menyebabkan 60 orang meninggal selama Desember 2017, Rumah Zakat Jayapura menginisiasi program bantuan pangan untuk membantu warga terdampak di 5 distrik di Kabupaten Asmat, yaitu Swator, Fayit, Pulau Tiga, Jetsy dan Siret.

“Sore ini (16/01), tim Relawan sedang mempersiapkan bahan makanan yang akan disalurkan ke Kabupaten Asmat,” ungkap Wahyu, Branch Manager Rumah Zakat Jayapura. “Relawan akan berangkat Rabu pagi besok (17/01) dengan membawa kornet dan rendang Superqurban, makanan bayi dan susu, ” tambahnya.

Perjalanan yang akan ditempuh Relawan menuju Kabupaten Asmat cukup panjang dan tidak mudah. Relawan harus naik pesawat dari Jayapura ke Timika selama 1 jam, lalu dilanjut dengan naik kapal feri kecil untuk menyusuri sungai menuju Kabupaten Agats selama 12 jam.

Tak hanya sampai di sana, dari Kabupaten Agats, Relawan harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat untuk mengunjungi distrik-distrik yang terdampak Gizi Buruk di Kabupaten Asmat.

“Jarak 5 distrik yang terdampak itu berjauhan dan dipisahkan sungai-sungai. Ini jadi tantangan tersendiri. Namun, kami akan tetap mengusahakan bantuan bisa sampai ke 5 distrik tersebut,” ujar Wahyu.

“Tantangan lainnya yang menanti Relawan adalah tidak adanya jaringan internet sejak memasuki Kabupaten Agats,” terangnya.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Jayapura

Tags :
Konfirmasi Donasi