BELAJAR DEMOKRASI, SMP JUARA GELAR PEMILIHAN KETUA OSIS

belajar-demokrasi-smp-juara-gelar-pemilihan-ketua-osisPEKANBARU. SMP Juara Pekanbaru turut mengasah jiwa demokrasi para siswa melalui kontestasi pemilihan Ketua OSIS. Pemilihan ketua OSIS yang mengadopsi sistem pemilihan yang dilaksanakan oleh KPU ini merupakan agenda rutin pengurus OSIS setiap tahunnya.

Untuk kegiatan Kampanye dan Penyampaian Visi Misi telah dilaksanakan pada Selasa (13/12) hingga Rabu (14/12) lalu, dan dilanjukan hari Jumat (16/12) ini untuk Pemilihan/Pencoblosan.

Nampak setiap siswa bergantian memberikan hak suaranya dimulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX, sehingga proses kegiatan dapat berjalan dengan baik. Menariknya panitia telah menyediakan tiga bilik suara bagi pemilih, sehingga pemilihan ketua OSIS ini dijamin kerahasiannya.

Para calon Ketua dna wakil Ketua OSIS melakukan penyampaian Visi dan Misi di hari-hari sebelumnya. Dalam pemilihan kali ini terdapat tiga calon kandidat ketua OSIS dan wakil ketua OSIS SMP Juara Pekanbaru.
Mereka adalah Pasangan nomor urut 1: Muhammad Hafis & Wahyu Rendiansyah, Pasangan nomor Urut 2: Riski Ramadan Prawirasasra & Rizky Rahmatullah, dan pasangan  nomor Urut 3: Andreas Saputra & Muhammad Al-Ghazali. Ketiga pasang calon ini tidak hanya dipilih oleh seluruh siswa yang ada di SMP Juara Pekanbaru, namun juga majelis guru dan karyawan.

Moment ini cukup menarik bahkan bisa dibilang unik. Pasalnya sistem yang digunakan dalam pemilihan Ketua OSIS SMP Juara Pekanbaru mengadopsi sistem yang biasa digunakan oleh KPU dalam pemilhan umum, dimana setiap pemilih diberikan selembar kertas suara yang berisi gambar calon ketua OSIS dan Wakil ketua OSIS serta diberi nomor sesuai dengan nomor urut yang dimiliki oleh masing-masing calon.

Selanjutnya pemilih memberikan hak suara dengan cara mencontreng salah satu nomor sesuai dengan nomor urut Calon Ketua OSIS yang dianggap paling baik oleh setiap pemilih, dan setelah itu surat suara yang telah dicontreng dimasukan ke dalam kotak suara. Dan Untuk menghindari adanya pemilih ganda, setiap usai memberikan hak suaranya para pemilih wajib mencelupkan jari kedalam wadah yang berisi tinta.

Kepala SMP Juara Pekanbaru Syahrul Padilah mengungkapkan, ”Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS dengan menggunakan sistem pemilu ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa. Dan kegiatan ini juga bertujuan menanamkan sikap jujur dan sportif bagi setiap siswa sejak dini”.

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi