BINA KELUARGA BALITA SRI REJEKI DAPATKAN EDUKASI TUMBUH KEMBANG ANAK

PONOROGO. Rabu (19/7), relawan Rumah Zakat mengadakan kegiatan penyegaran anggota kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Sri Rejeki. Kegiatan tersebut berlangsung dalam suasana santai dan diwarnai gelak tawa para peserta yang dihadiri oleh 35 ibu, 3 ayah, dan 41 balita.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ketua Tim Penggerak PKK dan Kepala Desa. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut, yaitu untuk memberikan motivasi para orang tua agar bisa memberikan stimulasi bagi tumbuh kembang anak mereka.

Amah Hida, relawan Rumah Zakat di Desa Berdaya Morosari Sukorejo Ponorogo, bertugas sebagai narasumber, didampingi pula oleh Yeni Rahmawati, PLKB dari UPT KB Kecamatan Sukorejo. Dalam materinya , ia menyampaikan bahwa anak-anak mempunyai karakteristik yang berbeda. “Anak-anak bukanlah diri kita dalam bentuk mini, mereka punya sifat yang unik, berkembang sesuai usia, dan tidak bisa dipaksa mengikuti gaya kita orang dewasa. Mereka punya kekuatan belajar yang luar bisa. Tugas kita adalah memberi rangsangan dan menyediakan suasana yang mendukung tumbuh-kembang mereka”, tuturnya.

Amah Hida kemudian memberikan contoh bagaimana memberikan stimulasi tumbuh-kembang pada tahapan usia balita. Menggunakan panduan buku dan KKA (Kartu Kembang Anak), para orang tua balita kemudian diberi kesempatan bertanya dan melakukan simulasi sederhana.

Secara khusus, Amah Hida juga memberikan apresiasi kepada para ayah yang hadir. “Jangan sampai generasi.kita menjadi generasi tanpa ayah, yaitu yang ayahnya ada, tapi seolah-olah tidak ada. Terima kasih kepada para ayah yang berkenan hadir hari ini. Semoga kalian bertiga bisa menginspirasi para ayah lainnya untuk memperkuat peran ayah dalam pengasuhan anak.  Jangan mau peranan ayah hanya difungsikan jadi mesin pencari uang, atau ATM, kalau ada uangnya disayang, kalau gak ada uangnya dibuang,” ungkap Amah Hida yang mengundang gelak tawa ibu-ibu,

Amah Hida menutup presentasinya dengan memotivasi para ayah untuk meneladani Ibrahim, Yaqub, Imran, dan Luqman. Mereka adalah profil para ayah sukses yang sudah tercantum dalam Al-Quran. Di akhir pertemuan, PLKB Kecamatan Sukorejo, Yeni Rahmawati, pun memberikan pesan kepada para orang tua balita untuk aktif mengikuti kegiatan di BKB Sri Rejeki, “Terima kasih kami ucapkan kepada Rumah Zakat, juga relawan program Desa Berdaya. Program tersebut sungguh menjadi sumbangsih nyata bagi program pemerintah dalam konteks pembangunan keluarga sejahtera,” ujar Yeni.

Newsroom/Dian Ekawati

Ponorogo

Tags :
Konfirmasi Donasi