BPBD MEDAN SINERGI BERSAMA RLAWAN RZ GELAR PELATIHAN KAMPUS RELAWAN

SHJFBHJSAFSILKA#BerlatihUntukBeraksi
MEDAN. Sebagai bentuk upaya peningkatan pemahaman mengenai penanggulangan bencana banjir, Relawan RZ Medan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, melaksanakan kegiatan Pelatihan Kampus Relawan, dengan tema Water Rescue yang digelar di danau buatan Taman Cadika, Kecamatan Medan Johor, Minggu (28/2).

Muhammad Yunus, selaku instruktur kegiatan dari BPBD Kota Medan, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk pemahaman dasar bagi para relawan untuk memodali mereka agar mampu memiliki pengetahuan ketika sedang melakukan evakuasi kepada para korban bencana di lapangan.
“Fokus materi kita bekali kepada relawan tentang bagaiman mengevakuasi korban saat bencana banjir datang, mulai dari pertolongan pertama hingga proses evakuasi secara baik dan benar. Tidak itu saja relawan juga kami bekali ilmu terkait bagaimana menyiapkan tenda pengungsian, menyiapkan peralatan evakuasi, seperti pelampung dan perahu karet hingga bagaimana mengevakuasi korban di darat, dan semua itu kita praktikkan langsung di lapangan agar tidak hanya sekadar teori saja,” ujar Yunus.

Yunus Juga berharap, kedepan teman-teman relawan RZ ini dapat mampu menerapkan ilmu ini dengan baik di saat adanya terjadi bencana yang membutuhkan banyak orang untuk saling membantu dalam misi kemanusiaan.
“Harapannya ke depan ilmu yang dipraktikkan hari ini dapat diimplementasikan di lapangan, serta berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain yang ditolongnya,” tambahnya.

Sementara itu Sugi Prawansyah, selaku koordinator Relawan RZ, mengatakan agar kiranya kegiatan latihan gabungan ini tidak hanya sebatas di pelatihan saja, namun kedepannya relawan RZ dan BPBD Kota Medan dapat saling bersinergi di lapangan dalam menjalankan misi kemanusiaan. “Kegiatan ini kami tujukan kepada para relawan RZ, mengingat Kota Medan, kerap dilanda bencana banjir. Harapannya ke depan relawan dan instansi lainnya dapat saling bersinergi dalam tujuan misi kemanusiaan dan tentunya prioritas utamanya yakni membahagiakan umat,” ujar Sugi Prawansyah.***

Newsroom/Anto
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi