BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI PALEMBANG

PALEMBANG. Semenjak didirikannya Kelompok Usaha Pelita Mandiri Palembang pada bulan Juni 2011 yang lalu, kelompok usaha ini terus menggelar karya-karya sejati yang bisa menambah penghasilan para anggotanya. Diantaranya budidaya jamur tiram.

Kini usaha jamur tiram makin menjamur, karena mudahnya cara budidaya jamur tiram, harga jual yang stabil serta permintaan yang terus meningkat menjadi salah satu faktor banyaknya bermunculan petani jamur tiram. Penampilannya yang putih bersih dan menarik menjadi daya tarik tersendiri. Rasanya juga sangat enak, hampir seperti daging ayam. Cerahnya prospek usaha budidaya jamur ini ternyata menciptakan peluang usaha bagi banyak orang.

Sebutlah Amar Rusdi, disela-sela kesibukannya sebagai seorang petani padi, dia masih menyempatkan waktunya untuk membudidayakan jamur tiram ini. Walaupun usahanya masih dalam skala kecil dan baru dimulai, namun nantinya usaha ini dapat memberikan tambahan penghasilan buatnya. “Saya yakin, saya akan berhasil membudidayakan jamur tiram ini,” ujarnya.

Memang benar begitulah adanya, dengan semangatnya untuk membudidayakan jamur tiram ini, Amar senantiasa berusaha mewujudkan mimpinya untuk menjadi pengusaha jamur tiram. Awal mulanya ia memulai usaha budidaya jamur tiram ini karena melihat prospek jamur tiram ke depan. Kemudian dia melakukan survei ke salah satu pembudidaya jamur tiram dan mempelajari bagaimana cara membudidayakan jamur tiram tersebut.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, ia juga melakukan survei ke pembudidaya jamur tiram yang skala produksinya lebih besar. Di tempat itulah ia membeli log jamur. Log jamur yang Amar belikan beraneka ragam, ada yang baru diberi bibit, ada juga yang sudah memutih dan sebagian lagi jamurnya sudah akan tumbuh. Untuk sementara, log jamur yang dimilikinya baru berjumlah 500 log dari modal 2 Juta Rupiah yang di pinjamnya dari Koperasi Syariah “Pelita Mandiri Palembang”. Amar pun mengharapkan usaha jamur tiramnya ini akan terus berkembang. ***

Newsroom/Yusmiawati.
Palembang

Tags :
Konfirmasi Donasi