CIPTAKAN KELUARGA MANDIRI MELALUI PETERNAKAN SAPI

BANDUNG. Rumah Zakat Cabang Bandung mengadakan launching Program Pelatihan Pemberdayaan Peternak (P4), Sabtu (8/1). Kegiatan ini dilaksanakan di peternakan mintra Rumah Zakat, Agro Niaga Abadi, Oray tapa Kabupaten Bandung. Sebanyak 37 peserta hadir dalam pelatihan tersebut.

Pada pelatihan tersebut peserta diberikan berbagai keterampilan dan pengetahuan cara berternak sapi, mulai dari manajeman kandang, pakan, kesehatan ternak, hingga cara menimbang hewan. Pelatihan ini sebagai pembekalan bagi para peternak dalam mengembangkan dan mengopitmalkan pemiliharaan sapi potong. Peternak yang telah memenuhi syarat dan mengikuti P4 akan menerima sapi 2-4 ekor perorang. Pembagian ini disesuaikan dengan kondisi kandang dan kemampuan peternak. Sapi yang akan diberikan kepada peternak beratnya sekira 100-150 kg perekor. Ditargetkan selama 10 bulan sapi tersebut bisa mencapai berat 300-400 kg.

Setelah 10 bulan masa penggemukan, sapi-sapi tersebut akan dijual untuk dijadikan hewan qurban. Sebanyak 60% dari keuntungan penjualan sapi-sapi tersebut menjadi hak peternak. Sisa keuntungannya akan digunakan untuk membeli sapi muda yang akan dipelihara kembali oleh para peternak. “Program pemberdayaan di bidang agro ini menjadi salah satu program andalan Rumah Zakat dalam mencapai keluarga mandiri. Selain beternak sapi juga dikembangkan penanaman jagung untuk pakan ternak dan pembibitan perikanan,” ujar Reno Wisnu, Branch Manager Rumah Zakat Cabang Bandung.***
Newsroom/Yudi Juliana
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi