CITA SEHAT FOUNDATION GELAR PELATIHAN PENDAMPING KADER POSYANDU BANDUNG

BANDUNG. RZCITA SEHAT FOUNDATION GELAR PELATIHAN PENDAMPING KADER POSYANDU BANDUNG cabang Bandung bekerja sama dengan Pendamping Kader Posyandu (PKP) kota Bandung mengadakan capacity building PKP “Cegah Stunting dengan Optimalisasi Gizi Ibu dan Anak” pada hari Selasa (29/3) di aula RZ, di Jl. Turangga No. 33 Bandung.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Manager RZ Bandung, Iman Handiman “Masalah gizi menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian dari berbagai sektor, kami bersyukur bantuan dari donatur bisa kami salurkan untuk berbagai program kesehatan diantaranya program gizi.” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama RZ bekerjasama dengan PKP akan menyalurkan 1000 kaleng kornet Superqurban untuk anak dengan gizi buruk dan gizi kurang, dan penyebaran media edukasi gizi di 1940 posyandu untuk 80.000 balita.

Stunting atau masyarakat lebih mengenal dengan istilah cebol atau kerdil adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai janin masih dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia dua tahun.

Adimiharja K S.kep., Ners, Alumni Fakultas Keperawatan Unpad yang menjadi narasumber kegiatan tersebut yang merupakan Public Health Officer Cita Sehat Fondation menuturkan “Indonesia berada di peringkat ke-5 dunia untuk jumlah anak dengan kondisi stunting, kemampuan kognitif para penderita stunting akan berkurang, sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi jangka panjang bagi Indonesia,” ungkap Adimiharja K.

Stunting bisa dicegah diantaranya melalui pemenuhan kebutuhan zat gizi bagi ibu hamil. Ibu hamil harus mendapatkan makanan yang cukup gizi, suplementasi zat gizi (tablet zat besi atau Fe), dan terpantau kesehatannya. ASI eksklusif sampai umur 6 bulan dan setelah umur 6 bulan diberi makanan pendamping ASI (MPASI) yang cukup jumlah dan kualitasnya. Memantau pertumbuhan balita di posyandu merupakan upaya yang sangat strategis untuk mendeteksi dini terjadinya gangguan pertumbuhan. Meningkatkan akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Newsroom/Adimiharja K
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi