DARURAT BENCANA LONGSOR BANJARNEGARA, RELAWAN RZ SIAGA

BANJARNEGARA. BeDARURAT BENCANA LONGSOR BANJARNEGARA, RELAWAN RZ SIAGArdasarkan apel pagi relawan gabungan tanggap darurat bencana Longsor Desa Clapar Kec. Madukara Kab. Banjarnegara, masa TDB diperpanjang sampai hari Ahad (10/04) lalu. Hal ini didasarkan atas instruksi bupati Banjarnegara dengan pertimbangan situasi kondisi di lokasi. Kondisi tanah saat ini yakni adanya retakan dan semakin meluas.

Tim BPBD masih menunggu assessment dari Geologi terkait kondisi tanah untuk memutuskan langkah selanjutnya. Kegiatan relawan secara keseluruhan yakni : evakuasi dua rumah, pembuatan tanggul irigasi, dropping logistik dan sweeping sampah oleh berbagai elemen.

Pada hari Rabu (06/04) ini, Relawan RZ kembali terjun ke lapangan. “Kegiatan Relawan RZ sejauh ini diantaranya Pendataan logistik dan Dropping logistik ke PMI dan DU Tagana; Rapat Koordinasi dengan Wabup Banjarnegara
; Koordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD, relawan lokal, dan Kodim maupun elemen lain mengenai keberlanjutan program pengelolaan sampah di lokasi bencana.
,” jelas Nafi, korlap Relawan RZ.

Adapun beberapa hasil rakor dengan Wabup Banjarnegara, yaitu sebagai berikut :
1) Laporan pengungsi yang mulai sakit dan tidak merasa nyaman di lokasi pengungsian.
2) Usulan penyegeraan pembenahan akses jalan.
3) Perlunya pelibatan masyarakat dalam setiap kegiatan.
4) Koordinasi antara penduduk dengan wabup mengenai shelter
5) Keluhan penduduk terkait status kredit bank di saat kondisi bencana.
6) Pengurusan administrasi kependudukan yang perlu dipersingkat karena lokasi yg jauh
7) Pentignya kejelasan dari tim geologi tentang kondisi tanah di lokasi bencana.
8) Kejelasan tanah yg terdampak agar nantinya tidak terjadi konflik.
9) Pengeringan kolam yang akan berdampak pada perekonomian warga selanjutnya. Sehingga perlu alternantif lain untuk pemberdayaan ekonomi.

Relawan RZ akan terus bersiaga di wilayah bencana untuk menanggulangi bencana juga pasca bencana dengan bersinergi dengan lembaga-lembaga lain. ***

Newsroom/Anto
Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi