DELAPAN MANFAAT BERHENTI MEROKOK

rokokBagi sebagian besar perokok, berhenti merokok adalah hal yang sulit. Padahal, berhenti merokok punya manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Berikut adalah delapan manfaat berhenti merokok.

1. Tidak ada bau asap
Ketika kita merokok, ada bau asap tak sedap yang mengendap di pakaian, rambut, bahkan di seluruh tubuh. Bau ini juga tidak nyaman bagi orang-orang yang duduk atau berada di sekitar kita. Saat kita berhenti merokok, maka secara tak langsung kita sudah menyingkirkan bau asap yang tak nyaman buat kita dan orang lain.

2. Menghindari keriput
Merokok mengakibatkan kerusakan pada kulit dan membuat kulit kita terlihat tua. Survei bahkan membuktikan, wanita yang merokok terlihat lima tahun lebih tua dari usia mereka. Padahal, terlihat muda adalah keinginan setiap orang. Berhenti merokok dan hidup sehat merupakan salah satu cara untuk mempertahankan tekstur kulit yang cantik dan bersinar.

3. Tubuh tetap sehat dan bugar
Karbondioksida yang terkandung dalam asap mencegah aliran oksigen dalam darah. Secara bertahap, ini akan memengaruhi berat badan serta bentuk tubuh secara keseluruhan. Jika kita berhenti merokok, tubuh kita akan tetap sehat dan bugar. Stamina fisik dan kekebalan tubuh pun akan meningkat.

4. Mencegah risiko kanker
Merokok secara berlebihan adalah penyebab utama kanker paru-paru. Bukan hanya itu, merokok juga memengaruhi ginjal dan lambung, sehingga menimbulkan risiko ke berbagai komplikasi lain.

5. Lepas dari kecanduan
Merokok serupa candu. Sekali kita mulai merokok, maka kita cenderung akan melakukannya di kemudian hari. Padahal, mencoba bebas dari kecanduan ini butuh usaha yang keras. Dengan berhenti merokok, kita akan bebas dari kecanduan sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

6. Baik untuk kesehatan
Merokok memberikan dampak negatif pada tubuh. Kita bisa merasa lesu dan lelah sepanjang hari. Selain itu, merokok juga memengaruhi memori dan konsentrasi, hingga pada akhirnya, produktivitas kita akan terganggu.

7. Bebas stres
Banyak salah kaprah yang menyebutkan bahwa merokok mengurangi stres. Merokok secara berlebihan hanya akan membuat kita lebih stres. Sebuah studi baru membuktikan, orang yang telah berhenti merokok pada kenyataannya terbebas dari rasa stres ketimbang perokok.

8. Gigi putih dan sehat
Merokok secara berlebihan memengaruhi warna gigi menjadi pucat dan berwarna kuning. Bukan hanya itu, rutin merokok juga memengaruhi gusi dan gigi secara keseluruhan. Dengan berhenti merokok, kita akan mendapatkan manfaat berhenti merokok, seperti misalnya warna gigi putih yang sehat dan bersinar.

Sumber: intisari-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi