DELAPAN MITOS TENTANG KEHAMILAN

medium_14mitos seputar kehamilanSaat tengah hamil, seorang perempuan biasanya menjadi pusat perhatian. Dari suami, orangtua, rekan, dan orang-orang sekitar. Mereka banyak memberikan nasehat seputar kehamilan kita yang kadang malah membuat kita bingung soal benar/tidaknya. Berikut UMMI berikan penjelasan terutama soal makanan yang dilarang atau dianjurkan selama hamil.

Jangan minum air kelapa muda saat masih hamil muda, bisa keguguran. Faktanya, air kelapa muda justru sangat baik dikonsumsi ibu hamil, karena kaya akan mineral dan elektrolit, juga kalium, kalsium, fosfor, zinc, natrium dan magnesium. Air kelapa juga kaya akan vitamin B3, B5, B6, dan vitamin C. Selain itu, rasanya yang manis segar justru dapat mengurangi rasa eneg pada perempuan yang tengah hamil muda.

Buah nanas bisa menyebabkan keguguran. Ini hanya mitos, karena buah nanas mengandung vitamin C dan serat yang bagus untuk ibu hamil. Namun, kandungan gasnya juga cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak dikhawatirkan menimbulkan rasa mual berlebihan (hyperemesis). Konsumsilah nanas yang telah matang dan dalam jumlah sewajarnya.

Jangan makan ikan laut, nanti bayinya bau amis. Ini hanya mitos. Faktanya, ikan merupakan sumber protein dan mineral yang baik. Ikan juga kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan penglihatan bayi. Namun beberapa jenis seafood memang mengandung merkuri yang dapat membahayakan kehamilan, sehingga Anda tetap perlu berhati-hati.

Minum jamu lebih aman daripada minum obat. Faktanya, penelitian terhadap bahan jamu murni pun membuktikan bahwa tidak semua jamu aman, karena dalam bahan jamu (sekalipun dari alam) tentu ada jenis dari tanaman tertentu yang mengandung alkohol dan dapat mempengaruhi rahim sehingga membahayakan janin anda. Jika Anda ingin mengonsumsi jamu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Mengonsumsi kacang hijau bisa membuat rambut bayi lebat. Faktanya, lebat tidaknya rambut bayi ditentukan oleh gen kedua orangtuanya. Namun, konsumsi kacang hijau memang bagus bagi ibu hamil karena kandungan serat yang tinggi dan kaya vitamin B1, B6, dan B12. Konsumsi kacang hijau pada ibu hamil dapat membantu mengatasi konstipasi.

Jangan minum air es atau air dingin, nanti bayinya besar. Faktanya, minum air dingin tidak ada hubungannya dengan ukuran. Ibu hamil boleh minum air dingin atau es, asal jangan berlebihan. Minum air dingin terlalu banyak membuat tubuh ibu harus membakar lemak berlebih sehingga suhu tubuh naik. Ibu akan mudah merasa lelah karena kekurangan kalori.

Jangan makan daging kambing karena membahayakan janin. Daging kambing memang memiliki zat panas yang tidak baik untuk anda yang memiliki penyakit seperti kolesterol dan jantung. Anda boleh menyantap daging kambing asalkan dalam jumlah yang wajar. Daging kambing juga mengandung kadar lemak jenuh tinggi yang bisa memperngaruhi metabolisme asam urat.

Saat hamil, Anda perlu makan dua kali lipat. Memang saat hamil kita tidak hanya makan untuk diri sendiri, ada janin yang juga harus tercukupi kebutuhan nutrisinya. Bukan berarti Anda harus makan dua kali lipat atau dua porsi, kalau begini berat badan Anda malah bisa melonjak tak terkontrol. Yang benar, makanlah dengan komposisi nutrisi yang cukup untuk Anda berdua. Kurangi junk food, perbanyak nutrisi dengan banyak mengonsumsi makanan segar seperti sayur dan buah. Makan sedikit-sedikit, tapi sering.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi