DENGAN MENGUNAKAN HELIKOPTER, TNI DAN TIM MEDIS RUMAH ZAKAT EVAKUASI PASIEN PATAH TULANG DI PERMUKIMAN GUNUNG TOROMPUPU

SIGI. (21/10) Bersama TNI, tim medis Rumah Zakat dengan sigap membantu melakukan evakuasi pasien perempuan yang patah tulang dari permukiman pegunungan Torompupu menuju Rumah Sakit Palu. Permukiman terpencil yang terletak di desa Bolah papu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi merupakan permukiman yang hanya memiliki satu jalan akses yaitu menelusuri jalan pegunungan.

Kondisi jalan yang sangat ekstrim membuat akses menuju wilayah permukiman di gunung torompupu sangat sulit dijangkau. Longsor pun bisa terjadi tanpa waktu yang dapat diperkirakan.

“Longsor seperti ini sudah biasa, tetapi setelah gempa kemaren (28/09) longsor semakin sering. Membutuhlan waktu 3- 5 hari agar dapat diakses kembali, itupun jika ada alat berat yang segera diturunkan.“ ucap Pak Suhaid, salah satu warga desa.

Kondisi kaki pasien yang harus segera di obati serta tidak memungkinkan untuk akses jalur darat karena tertutup lonsor di malam sebelumnya, maka dengan sigap tim medis Rumah Zakat menawarkan diri untuk membantu evakuasi. Helikopter merupakan jalan satu satunya untuk mengevakuasi korban agar segera bisa ditangani.

“Setelah menelusuri sekitar lebih dari 2 km terdapat 11 titik yang telah terjadi longsor. Perjalanan penelusuran tidak mungkin dilakukan mengingat titik longsor terakhir memiliki panjang sekitar 200 meter dan sangat curam. Sementara kondisinya, longsor masih mungkin terjadi “ ucap Pak Oscar selaku salah satu tim Rumah Zakat.

Perjalanan dari titik gunung sampai kawasan permukiman memerlukan waktu 1, 5 jam menggunakan mobil dengan kecepatan rata rata 20 km/jam, sehingga diperkirakan panjang perjalanan menuju lokasi aman longsor sekitar 20 KM.

Hingga saat ini, setelah memberikan bantuan 3 orang anggota tim medis Rumah Zakat telah kembali ke kota Palu Kota sementara 9 orang lainnya masih terjebak permukiman di atas gunung dan belum dapat kembali ke Palu.

“Mohon doanya kepada sahabat semua, semoga kita bisa segera kembali ke Palu,” ujar Hesti, Relawan Rumah Zakat

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi