DIDA SETIADI, BINA MASYARAKAT LOKAL LEWAT BUDIDAYA CABAI

BANTEN. Dida Setiadi selaku fasilitator Rumah Zakat yang memberdayakan masyarakat desa di Kampung Gunung Taman Desa Labuan, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten. Program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Kang Dida (sapaan akrab), yaitu budidaya cabai.

Cabai merupakan komoditas hortikultura (budidaya tanaman kebun) yang paling dikenal dan dibutuhkan masyarakat. Sepanjang tahun permintaan cabai bisa terbilang tinggi. Namun kondisi pasokan cabai sendiri belum bisa stabil dalam setahunnya. Salah satu contohnya terlihat dari adanya lonjakan harga cabai yang hampir terjadi jika musim penghujan tiba. Tanaman cabai memang tergolong tidak tahan terhadap kondisi air yang terlalu tinggi oleh sebab itu pasokan cabai pasti menurun saat musim penghujan tiba.

Budidaya cabai di Desa Labuan merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan. Memanfaatkan lahan seluas 7000 meter milik Pak Sobirin dan Ibu Siti Rodiah, Pak Dida membina mereka untuk menanam cabai. Pembinaan seperti pelatihan, mengolah, dan penyaluran bibit cabai dilakukan mulai dari bulan Maret 2016.

“Alhamdulillah, saat ini baru sampe 550 kg cabe keriting dari panen pertama bulan Desember 2018. Petani memetik 3 hari sekali, sekali petik 70 kg. Selain konsumsi anggota KWT, juga menjadi penghasilan tambahan dengan menjual cabai ke pasar Cilegon. Mudah-mudahan hingga akhir panen bisa mencapai 2 ton cabai,” ungkap Dida.

 

Newsroom/ Yadi Mulyadi
Banten

 

Tags :
Konfirmasi Donasi