EDUKASI KELAS IBU HAMIL DI JAKARTA UTARA

JAKARTA. Kelas ibu hamil merupakan sebuah program pembangunan kesehatan bagi ibu hamil dan menyusui yang diusung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Merujuk pada Buku Pedoman kelas Ibu dan Hamil Dep.Kes RI 2009, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos atau adat istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran. (Buku Pedoman Kelas Ibu Hamil- Depkes RI 2009).

Rumah Zakat turut mendukung program tersebut dengan menggelar Kelas Ibu Hamil di setiap wilayah binaannya. Rabu, (07/06), Cita Sehat sebagi mitra kesehatan Rumah Zakat kembali menggelar kelas ibu hamil di klinik Sehat Koja, Jakarta Utara.

Pada pertemuan kali ini, para peserta diarahkan untuk mempelajari cara merawat dan menyusui bayi. Materi tersebut disampaikan oleh relawan medis Cita Sehat, Annisa Rahmawaty M.KM. Sebanyak 11 orang ibu hamil menyimak materi tersebut dengan seksama.

“Saya sangat menantikan materi ini, kita sebagai ibu tentu harus mempunyai ilmu yang memadai untuk merawat anak dengan baik,” ungkap salah satu peserta. Setelah pemberian materi, kegiatan ditutup dengan pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil berupa sari kacang hijau.

Newsroom/Nurul Rahayu

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi