EKPEDISI SUPERQURBAN : 1000 KORNET SUPERQURBAN UNTUK WARGA PULAU TERPENCIL DI KALIMANTAN BARAT

PONTIANAK. Rumah Zakat kembali laksanakan Ekpedisi Superqurban ke daerah terpencil di pulau Kalimantan pada 16 – 18 Maret 2018. kali ini destinasi Ekpedisi adalah Kecamatan Pelapis, Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat.

“Untuk Menuju Kecamatan Pelapis, kami harus melewati kecamatan sukadana kayong utara, dari kota Pontianak, kami harus menempuh jarak 12 jam perjalanan,” ujar Asrul Putra Nanda, Tim Ekpedisi Superqurban.

Dengan membawa 1000 Kornet Superqurban, Sembako dan makanan tambahan, Tim Ekpedisi menempuh perjalanan darat dan laut. Medan perjalanan yang tak mudah, berkelok – kelok, berlumpur dan berlubang harus ditempuh oleh Tim Ekpedisi, tak hanya itu Tim pun harus menyeberangi Laut dengan speedboat selama 2,5 jam untuk menuju Pulau Pelapis yang terpencil dan berada di tengah laut, bahkan warganya jarang sekali ada yang keluar pulau, selain jaraknya cukup jauh dengan pusat kota biaya yang harus dikeluarkannya pun
mahal.

“Pulau Pelapis berada di tengah tengah laut, termasuk Pulau Terpencil, kalau warga ingin keluar dari pulau mereka harus menggunakan kapal angkut dengan tarif 100 – 150 ribu dengan 9 jam perjalanan,” tambah Asrul.

Oleh sebab itu mata pencaharian warga sekitar mayoritas nelayan, dan jika cuaca buruk mereka nyaris tidak bisa melaut. Banyak warga memilih tinggal di pesisir pantai beratapkan daun dan kayu karena memudahkan untuk melihat kondisi perairan, juga menyimpan sampan maupun perahu. Tak hanya itu Jaringan telepon selular, maupun teknologi lainnya belum menjangkau pulau ini.

Saat Tim Ekpedisi Tiba, warga antusias dan menyambut Tim Ekpedisi dengan ramah, pun saat Kornet Superqurban dibagikan ke rumah – rumah warga, mereka sangat senang, sebab mereka belum pernah memakan daging.

“Saya belum pernah makan daging” ujar Ramudin (54) warga pulau Pelapis.

Pak Ramudin ini bermata pencaharian sebagai nelayan, selain melaut untuk kebutuhan sehari – hari Ia pun sesekali bertani walaupun pendapatan yang di dapatkan nya tidak seberapa, oleh karenanya ia merasa senang ketika ia menerima Kornet Superqurban karena ia dan keluarga akhirnya bisa mencicipi daging.

“Alhamdulilah, kami sudah menyelesaikan amanah mendistribusikan Kornet Superqurban untuk warga Pulau Pelapis, Terimakasih untuk para Donatur yang telah berpartisipasi dalam program Superqurban sehingga warga Kalimantan Barat bisa merasakan daging” tutup Asrul Putra Nada.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi