EKSPEDISI SUPERQURBAN DIGELAR DI PEDALAMAN RIAU

ekspedisi-superqurban-digelar-di-pedalaman-riauRIAU. Pada (16/09) Relawan RZ melakukan ekspedisi Superqurban di desa Mengkirau yang merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, provinsi Riau. Di desa Mengkirau ini sudah lebih 5 tahun tidak ada warganya yang berqurban di hari raya Idhul Adha. Dan pada tahun 2016 ini pun masih belum ada satu pun warganya yang berkurban.

Hal tersebut disebabkan karena sulitnya kondisi ekonomi dan kemampuan masyarakat desa Mengkirau ini. Pekerjaan mayoritas masyarakat disini adalah pelaut. Dan banyak anak-anak dari desa Mengkirau laut ini yang putus sekolah. Karena tidak ada biaya sekolah untuk melanjutkan kuliah ke luar desa mengkirau ini seperti ke Pekanbaru.

Hanya sedikit sekali yang berani mencari uang sekaligus kuliah, salah satunya adalah Mukhtar. Mukhtar lah yang mengajukan penyaluran kornet Superqurban ke RZ untuk desa Mengkirau laut ini. Dengan respon positif RZ Pekanbaru langsung menyalurkan kornet Superqurban ke desa Mengkirau laut ini.

Pada hari Kamis lalu relawan RZ langsung menuju desa Mengkirau menggunakan speedboat, dan sesampainya di sana relawan RZ langsung disambut baik oleh warga. Dari pelabuhan relawan RZ sudah di jemput oleh 4 pemuda desa Mengkirau laut karena dari dermaga ini harus menempuh jalan darat lagi sekita 1 jam lebih.

Setelah sampai di desa Mengkirau relawan RZ berdiskusi di rumah pak RT di desa itu untuk teknis pembagian kornet Superqurban. Dan sekitar pukul 14.00 di salah satu masjid sederhana di desa Mengkirau laut tersebut warga sudah berkumpul untuk menerima pembagian daging Superqurban dari Relawan RZ.

Ada 100 KK yang tinggal di desa mengkirau laut ini. Dan 1 KK mendapatkan 4 kaleng daging qurban yang lebih kurang beratnya 1 KG. semua berjalan tertib. Dan pak RW juga mengatakan

“Kami sangat berterima kasih karena adik-adik mahasiswa dari Relawan RZ sudah mau jauh-jauh datang ke tempat kami ni, yang dari Pekanbaru harus jauh dan berat membawa daging Superqurban. Walau pun belom pernah datang ke tempat kami ini, tapi adik-adik mau datang ke sini bawa daging qurban yang dah lama kami tak bisa mecicipi. Karena sudah lama tidak ada kurban di daerah kami ini. Mudah mudahan jika kalau tahun depan adik-adik bisa lagi bersilaturahmi bisa memotong kurban bersama di kampung kami ini.” ungkap pak RW setempat.

Setelah acara pembagian kornet Superqurban relawan RZ pun bersliturahmi dengan imam masjid di desa Mengkirau ini. “Kami sangat berterima kasih telah di sambut dengan baik dan diterima di desa Mengkirau laut ini untuk menyalurkan daging kornet Superqurban.” ugkap Fajri Sabti, Relawan RZ.

Newsroom/Fajri Sabti
Riau

Tags :
Konfirmasi Donasi