EKSPEDISI SUPERQURBAN PERINGATI HARI KUSTA SEDUNIA

SUMATERA. Rumah Zakat wilayah Sumatera mengadakan ekspedisi Superqurban (olahan makanan memanfaatkan daging Qurban) di Kampung Kusta/Kundur RT 13, Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin 1, Kabupatan Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Relawan yang berangkat berjumlah 20 orang, berkumpul di kantor Rumah Zakat jalan Basuki Rachmat No 10 Kota Palembang. Rabu (30/01/2018).

Branch Manager Rumah Zakat, Hadi Yudasta menyampaikan pesan kepada tim relawan yang berangkat. “Kehadiran di Kampung Kusta dalam rangka membantu dan bentuk kepedulian kita kepada pasien dan orang yang telah sembuh dari penyakit kusta. Secara sosial mereka terasingkan, kita hadir untuk memberikan semangat dan kebahagiaan mereka. Berikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa para penderita kusta harus diperlakukan sama dengan masyarakat pada umumnya,” tutur Hadi.

Tim yang dipimpin oleh Sugandi menempuh perjalanan selama 3 jam menggunakan mobil. Kehadiran tim sudah dinantikan oleh warga Kampung Kundur. “Terimah kasih kepada tim Rumah Zakat, telah hadir dan melakukan kegiatan sosial membantu masyarakat kami, kelurahan Mariana terdiri dari 31 RT dan RT 13-14 ini merupakan penderita kusta sembuh. Terdiri dari 90 kepala keluarga meliputi 70 pederita kusta yang telah sembuh dan sisanya karyawan rumah sakit Dr. Rivai Abdullah atau rumah sakit Kusta. Semoga, selanjutnya Rumah Zakat bisa datang dan membantu masyarakat Kelurahan Mariana yang lainnya,” ungkap Almuzani Lurah Mariana.

Masyarakat sangat senang dengan kehadiran tim Rumah zakat dalam Ekspedisi Superqurban. Selain mebagikan sembako, kornet dan bingkisan untuk pasien tim juga mengelar perlombaan memasak nasi goreng dengan menu Kreasi Kornet Superqurban. Perlombaan di ikuti oleh 6 kelompok untuk mendapatkan tiga hadiah yang sudah disediakan oleh Tim Rumah Zakat. Ekspedisi ini sebagai program untuk memperingati hari Kusta Sedunia yang pada bulan Januari.

Ibu Masni salah satu peserta lomba sangat senang. “Terimah Kasih Rumah Zakat. Kornetnya enak dan baru kali ini kami makan kornet dari daging Qurban, nanti datang lagi ya,” ujarnya.

Sementara itu Pak Basri salah satu warga juga berterimah kasih atas sembako yang diberikan “Sembako ini bisa kami gunakan untuk keperuan 4 hari kedepan,” katanya dengan penuh kegembiraan

Kampung Kundur merupakan perkampungan yang dihuni oleh mayoritas pasien kusta yang sudah sembuh mereka tinggal puluhan tahun dan sudah ada yang menikah antar sesama pasien. Mereka hidup seperti masyarakat pada umumnya, memiliki keturunan yang normal, sumber pengasilan dari bertani dan nelayan.

Pada umumnya, masyarakat takut dan enggan berinteraksi dengan mereka. Walapun mereka sudah sembuh dari penyakit tersebut, sehingga mereka terisolir. Rumah Zakat hadir di tengah-tengah masyarakat tersebut menyalurkan sebanyak 78 paket sembako dan 400 kaleng kornet dan rendang Superqurban.

 

Newsroom/ Yadi
Sumatera

Tags :
Konfirmasi Donasi