DESA BINAAN RZ JADI LOKASI PELUNCURAN GERMAS

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

desa-binaan-rz-jadi-lokasi-peluncuran-germasYOGYAKARTA. Hari ini (15/11), salah satu desa binaan RZ, Desa Tamanan Banguntapan yang berada di Bantul menjadi tuan rumah dalam acara peluncuran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang merupakan bagian dari puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52. Peluncuran GERMAS ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Menteri Kesehatan serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Di Desa Tamanan ini, RZ membina masyarakat dengan menggulirkan program-program pemberdayaan khususnya dalam bidang kesehatan, seperti Kebun Gizi yang menjadi pemenang MDGs Award 2013, Sedekah Sampah yang menjadi salah satu nominasi dalam MDGs Award 2013, Sekolah Sehat yang menjadi Juara 1 Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2014 hingga program Dusun Ramah Lansia yang telah menjadi program percontohan di Jepang dan Korea.

Program GERMAS dibuka dan diluncurkan langsung oleh Menteri PMK, Puan Maharani didampingi Menteri Kesehatan, Prof. Nila Farid Moeloek dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. GERMAS merupakan kampanye mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, diantaranya melalui cuci tangan setiap sebelum/sesudah makan dan sehabis dari kamar mandi, makan buah dan sayur, olahraga, membuat sanitasi rumah yang layak, periksa kesehatan secara rutin, dan sebagainya.

“Germas sendiri dilakukan sebagai upaya penguatan layanan kesehatan primer dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif di semua lapisan masyarakat melalui puskesmas-puskesmas yang di tengah masyarakat,” ujar Prof. Nila Farid Moeloek, Menteri Kesehatan RI.

Launching GERMAS diawali dengan kerja bakti masal di Dusun Kauman Desa Tamanan, dilanjutkan Senam Kesegaran Jasmani yang diikuti langsung oleh Menteri Kesehatan, dan diakhiri dengan kunjungan ke stand penggerak pemberdayaan masyarakat, puskesmas dan ke SD Tamanan yang merupakan Sekolah Sehat binaan RZ.

“Alhamdulillah, Desa Tamanan yang merupakan desa binaan RZ menjadi lokasi puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional dan sekaligus lokasi peluncuran program GERMAS. Semoga program-program kesehatan yang telah RZ gulirkan di desa ini terus berkembang dan dapat membentuk masyarakat yang memiliki kepedulian nyata akan perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkap Heny Widiastuti, Chief Program Officer RZ yang juga turut hadir dalam launching GERMAS di Desa Tamanan.

Newsroom/Warnitis
Yogyakarta

Tags :
Donation Confirmation