RELAWAN RUMAH ZAKAT CIKARANG TURUN AKSI KE LOKASI BANJIR DI KEC.CIKARANG UTARA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

CIKARANG. Ratusan rumah warga RT 04 RW 02 Desa Tanjungsari, Kp. Kaliulu, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi terendam banjir sejak sabtu (16/02) malam. Penyebab banjir dikarenakan lokasi pemukiman warga ini berada di sekitar sungai Kaliulu yang meluap akibat bertambahnya debit kiriman air dari Jababeka Cikarang. Hingga minggu pagi air masih merendam rumah warga dengan kedalaman bervariasi hingga 170cm.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari korban banjir, mereka menuturkan air mulai meluap sejak sabtu malam hingga minggu pukul 08.00 WIB air mulai surut namun ketinggian air saat itu masih sekitar 100cm. Mayoritas warga masih bertahan di rumahnya sambil membersihkan sisa-sisa lumpur sebagian juga masih mengungsi di rumah- rumah warga yang berada di tepi jalan Gatot Subroto.

Banjir sudah langganan merendam rumah warga sejak 5 tahun lalu dan banjir terparah pada tahun 2014. Warga mengeluhkan banjir masih belum tuntas diatasi hingga musim penghujan tahun ini. Mereka berharap pemerintah dapat segera melakukan penggalian sungai Kaliulu karena sudah dangkal hingga menyebabkan air mudah meluap ke rumah warga.

Hingga siang ini Relawan Rumah Zakat Cikarang masih berada di lokasi bersinergi dengan BPBD kabupaten Bekasi dan Relawan Indonesia untuk melakukan survey keadaan banjir. Kebutuhan yang dibutuhkan warga saat ini adalah makanan, air bersih dan obat-obatan karena banyak warga menderita gatal-gatal. Untuk selanjutnya para relawan akan menyiapkan logistik untuk disalurkan ke korban banjir. Semoga banjir lebih cepat surut agar warga dapat beraktivitas seperti semula.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Donation Confirmation