RELAWAN INSPIRASI SUPPORT LANSIA TETAP SEHAT

RELAWAN INSPIRASI SUPPORT LANSIA TETAP SEHATKLATEN. Pada (27/02) Relawan Inspirasi Rumah Zakat ICD Sengon bersinergi dengan Posyandu Lansia Pos 4 Kebondalem Kidul dalam mengadakan pertemuan rutin Kegiatan Lansia. Kegiatan tersebut dihadiri 26 Lansia.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diawali dengan Deteksi GALAU (Gula dArah, kolesteroL & Asam Urat). Selain itu ada juga penimbangan Berat Badan, pengukuran tinggi badan untuk mengetahui apakah terjadi lengkungan tulang belakang oleh Lansia, serta pengecekan Tekanan Darah.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Senam Lansia yang dipandu oleh Rahmad Widodo selaku Relawan Inspirasi, para peserta pun sangat antusias mengikutinya. di akhir senam para lansia pun diberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa Bubur kacang hijau, Arem-Arem (Kue tradisional) dan teh manis hangat.

Dalam sambutannya Bidan mengajak para lansia dan kader agar senantiasa menjaga kesehatan dan juga menjaga konsumsi obat yang tidak direkomendasikan oleh dokter. “Lansia lebih baik mengatur pola makan dan banyak konsumsi buah-buahan sebelum makan serta sering minum air putih hangat untuk tetap menjaga agar tidak dehitrasi.” ujar Bidan.

Kali ini, bagi Lansia yg ingin mendeteksi ‘GALAU’ diwajibkan menganti biaya Stik seharga Rp 5.000 untuk pemerikasaan gula darah dan asam urat, serta Rp 20.000 untuk pemeriksaan kolesterol. Hal tersebut dikarenakan uang tersebut akan dipergunakan untuk mensubsidi kegiatan Lansia di pos selanjutnya, karena sistem yang diterapkan kader lansia adalah sistem subsidi silang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh Kader yang telah membantu, Ibu ketua TP PKK Amah Soeharto dan Bapak Lurah Hanafi Bagus atas dukungannya selama ini demi menjaga kesehatan Lansia di Desa.” ungkap Rahmad Widodo, Relawan Inspirasi Rumah Zakat.

 

Newsroom/Rico Ayatul Yuza
Klaten

Tags :
Konfirmasi Donasi