FAKTA TENTANG OTAK

NewBrainAnatomyOtak adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Namun, ternyata pengetahuan umum tentangnya masih banyak yang kurang tepat, seperti yang diulas di bawah ini.

Manusia hanya menggunakan sebagian kecil otak selama hidupnya

Para ilmuwan memperkirakan anggapan ini berakar dari kenyataan bahwa Anda tidak terus-menerus menggunakan 100 persen dari otak Anda sekaligus. Padahal, manusia menggunakan hampir setiap bagian dari otak yang aktif hampir sepanjang waktu.

Kemampuan otak menurun setelah usia 20-an
Kemampuan berpikir cepat dan mengingat informasi yang dimiliki seseorang memang memuncak di usia 18 tahun dan menurun selama sisa hidup. Namun, bukan berarti kemampuan otak secara menyeluruh menurun setelah usia 20-an. Penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa kebijaksanaan dan kecerdasan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia.

Kepribadian seseorang tergantung dari otak kanan/otak kiri
Dua belahan otak memang lebih terlibat dan dominan dalam tugas-tugas tertentu. Akan tetapi, sejauh ini belum ada bukti yang mendukung gagasan bahwa tipe kepribadian manusia bisa didasarkan pada belahan otak yang dominan.

Otak pria lebih logis, otak perempuan lebih berempati
Nyatanya, sedikit perbedaan anatomi antara otak laki-laki dan otak perempuan sama sekali tidak memengaruhi perbedaan kemampuan dua gender itu. Lelaki dan perempuan memiliki kemampuan sama dalam segala hal, baik kecerdasan matematis dan logisnya.

Manusia hanya memiliki lima indera
Faktanya, manusia tidak hanya memiliki pancaindera yang selama ini lazim diketahui. Manusia punya banyak indera yang membuat otak memiliki banyak data tentang dunia luar.

Beberapa di antaranya adalah indera keseimbangan (equilibrioception), indera posisi organ (proprioception), indera deteksi nyeri (nosisepsi), indera suhu (thermoception), hingga indera yang membuat kita tahu berlalunya waktu (chronoception).

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi