FUN COOKING SD JUARA BERI NILAI MORAL PADA SISWA

FUN COOKING SD JUARA BERI NILAI MORAL PADA SISWASURABAYA. Pada Rabu (22/02) siswa kelas V SD Juara Surabaya mengadakan kegiatan Fun Cooking yaitu kegiatan dimana para siswa diajarkan cara memasak salah satu menu makanan. Adapun menu kali ini adalah menu yang sangat populer dan hampir semua orang pernah memakannya, yakni Nasi Pecel.
Nasi Pecel merupakan salah satu kuliner nusantara yang terkenal di Indonesia, yang merupakan makanan perpaduan antara nasi, sayur rebus dan bumbu kacang.

Sebelum acara masak dimulai, langkah pertama para siswa diperkenalkan satu per satu pada jenis bahan baku yang sudah disiapkan, langkah kedua para siswa dibimbing bagaimana cara mengupas dan apa alat-alatnya. Langkah ketiga bagaimana cara mencuci bahan baku, dan langkah keempat bagaimana cara memasaknya.

Pengelompokan anak dalam satu tugas tertentu juga ditata, ada kelompok memotong tempe, kelompok mengupas dan memotong bumbu dan sayuran, serta kelompok yang mencuci beras. Ketika memasak pun para siawa diajak bergantian untuk memasukkan bahan ke dalam panci dan penggorengan.

Komunikasi efektif tetap ditanamkan, karena banyak dari anak-anak yang menanyakan beragam hal di sela-sela masak, seperti darimana mendapatkan bahanya, kapan matangnya, dll. Sebelum penyajian para siswa diajak menata makanannya, kemudian sebelum menikmati makanan yang sudah siap dimakan para siswa dibimbing untuk cuci tangan, berdoa bersama.

Banyak sekali manfaat yang dapat dioptimalkan dalam pengembangan pembelajaran fun cooking ini, anak mampu bekerja dalam tim, anak mengetahui bahan baku makanan tertentu, mendapat pengalaman mengenai proses memasak. Dan yang tidak kalah penting anak mampu mengoptimalkan daya kognitif dan ketrampilan diri/life skill.

Kegiatan fun cooking ini juga mendapat antusiasme tinggi dari para siswa. Selain dapat bergembira, siswa juga dapat belajar dan mengerti keseharian seorang Ibu ketika memasak di rumah. Bahwa begitu repot dan susahnya ketika harus memasak bersamaan dengan aktivitas lainnya, sehingga para siswa dapat belajar untuk menghormati peran orang tua dan belajar membantu orang tua.

“Seneng bisa masak nasi pecel. Tapi repot juga kalo bikinnya sendiri, Bu. Jadi inget mamah di rumah kalo lagi repot masak, lain kali harus ikut bantuin. Kasihan mamah.” ujar salah satu siswa.

Newsroom/Arif
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi