GERAKAN LITERASI MELALUI MOBIL JUARA CILEGON DI TBM PELANGI

SERANG. Taman Baca Masyarakat (TBM) Pelangi berdiri sejak tahun 2013. Selama 4 tahun berdiri, TBM pelangi memiliki banyak prestasi, diantaranya pernah menggaet juara 2 tingkat provinsi dalam kategori lomba pengelola TBM. Taman Bacaan Masyarakat tersebut berlokasi di Komplek Puri Citra Blok G6 No. 9, Jalan Cirogol Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka Kota Serang, Banten.

Gerakan literasi melalui taman bacaan masyarakat sangat penting, karena memberikan dampak yang besar bagi anak-anak untuk menumbuhkan cinta membaca sejak dini. Maka dari itu, Mobil Juara Rumah Zakat menggalakkan membaca melalui TBM Pelangi. Selain membaca, anak-anak disuguhkan tontonan film yang bernilai edukasi, berbagai games dan story telling.

Kegiatan berlangsung pada Selasa, (11/07) di lapangan kompleks, karena lokasi TBM pelangi mobil tidak bisa masuk. Anak-anak yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 105 orang. Anak-anak pun langsung menyerbu mobil perpustakaan keliling saat mobil akan diparkirkan.

Anak-anak terlihat senang dan antusias dengan kegiatan yang diikutinya. Mereka bisa belajar sambil bermain dengan kegiatan yang bernilai edukatif.
Ibu Linda sebagai pengelola Taman Baca Masyarakat menuturkan “Taman Baca Masyarakat bisa memberdayakan dan meningkatkan kualitas warga melalui membaca buku dan berbagai program kreativitas. Contohnya saja saat ini anak-anak TBM bisa membuat bros dan gantungan dari bubur kertas. Terimah kasih mobil perpustakaan keliling rumah zakat Cilegon sudah mewarnai kegiatan di TBM Pelangi ini ” ujar Linda.

Dalam rangkaian kegiatannya, Efiyana selaku panitia acara membagi kelompok untuk bermain games. Adapun jenis games yang disediakan diantaranya, lomba mewarnai, permainan edukatif lego, congklak, hula-hula hup dan story telling. Di akhir acara, anak-anakpun disuguhkan edukasi dengan tema “Siapa Allah”.

“Nama saya Anisa, saya akan membawakan story telling Raja Api Si Lebah. Hikmah yang dapat saya ambil, kita dalam hidup tidak boleh serakah, harus saling kerjasama dalam hal apapun” Ucap Anisa, dengan lantangnya saat bercerita kisah tersebut.

Newsroom/Dian Ekawati

Serang

 

 

 

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi