GURU SD JUARA PEKANBARU IKUTI KMD SE-PROVINSI RIAU

PEKANBARU. GURU SD JUARA PEKANBARU IKUTI KMD SE-PROINSI RIAUKemah Mahir Dasar yang diadakan pada hari Kamis (31/03) ini di Desa Tapung di Lokasi Taman Pancing. Kegiatan ini diikuti oleh 33 orang Peserta Laki-laki dan 29 orang Perempuan. SD Juara Pekanbaru mengutus 2 orang untuk mengikuti kegiatan ini yaitu Bu Fitriyah Misdian, S.Pi. dan Bapak Merico Surya.

Kegiatan ini dibuka oleh Kakak Zainal Abidin sebagai Panitia dan materi ke-JSIT an yang disampaikan oleh Kak Andi Ahmad Zakaria dari Satuan Komunitas Sekolah Islam Terpadu tentang Asal Usul Pramuka SIT. Kemudian agenda dilanjutkan dengan materi motivasi menghadapi anak-anak.

Agenda KMD se-Provinsi Riau ini diisi oleh Pemateri dari Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang di Provinsi Riau. Dimulai dari penyampaian materi oleh Kak Afrida, M.Pd. (Bunda Afrida). Beliau berkecimpung di Pramuka Siaga. Kemudian Kak M. Kasir dari UPTD Tampan. Kemudian dari Satuan Komunitas Sekolah Islam Terpadu Kak Zainal, dan Kak Jumakri.

Dalam kegiatan ini, selain penambahan ilmu, kondisi ruhiyah para peserta juga terjaga dengan adanya targetan amalan yaumiyah yaitu: alma’tsurat, tilawah, hafalan Al-Quran, tahajud, dhuha, dan juga mengupgrade kebutuhan jasmaniyah dengan senam pagi.

Materi yang disampaikan oleh pemateri terkemas rapi dengan berbagai yel-yel dan lagu-lagu motivasi diri dan memotivasi orang lain yang tentu saja memiliki berbagai makna. Terkadang sesuatu itu tidak bias disampaikan secara langsung lewat berbicara tapi bias disampaikan lewat nyanyian ataupun yel-yel penyemangat.

Pada hari selanjutnya, kegiatan KMD diisi oleh Kwartir daerah Riau yaitu Kak Azwar Aziz dan Azwar Zainal. Kemudian materi selanjutnya diisi oleh Kak M. Kasir sebagai yang menjelaskan tentang Semaphore. Untuk penggunaan kompas dan peta pita dijelaskan oleh Kak Junaidi.

“Setiap harinya sejak hari Sabtu hingga hari Senin kami melakukan Upacara Latihan Siaga, Penggalang dan Penegak meliputi Upacara Pembukaan dan Penutupan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Para Peserta yang sudah dibagi dalam kelompok dengan nama-nama tertentu. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan lebih mudah diingat karena langsung dapat dipraktikkan dan setelah upacara selesai diadakan sesi tanya jawab. Untuk kegiatan Upacara Siaga dibina langsung oleh Kak Afrida, sedangkan Upacara Penggalang dan Penegak dibina oleh Kak Junaidi, dan Kak Epi. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk diterapkan di Gugus Depan nantinya,” papar Fitriyah Misdian.

Agenda ini juga diisi oleh Kak Oki Aminawa yang merupakan seorang motivator yang sukses dalam pendidikannya. Kak Yudi Maparon serta Kak Jumakri dengan kegiatan sulap dan motivasinya yang dapat diaplikasikan sesuai usia Peserta Didik. Kemudian agenda ini juga disemangati dengan adanya pengenalan seragam pramuka beserta lambang-lambang yang ada pada baju pramuka.

Kegiatan ini dimulai juga dengan pre test dan post test sehingga para peserta KMD mengetahui apa ilmu yang akan didapatkan dan evaluasi terhadap ilmu yang sudah didapat.
“Semua materi disampaikan dengan sangat baik oleh para pemateri sehingga membuat para peserta merasa nyaman dan aktif dalam mengikuti kegiatan. Salam Pramuka!,” pungkas Fitriyah Misdian.***

Newsroom/Fitriyah Misdian
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi