GURU SD JUARA SEMANGAT UPGRADE KEMAMPUAN KOMUNIKASI

JAKARTA. Menurut teori umum, komunikasi adalah penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan. Guru yang baik, tidak hanya mampu menyampaikan tetapi juga menjadi pendengar yang baik. SD Juara Jakarta Timur binaan Rumah Zakat, berinisiatif mengadakan pelatihan guru yang bertemakan “How to Deal Communication to Student’s Parents and Work Partner” Senin (14/08) pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

Pelatihan yang membahas mengenai tips dan trik agar guru berhasil menjadi komunikator unggul bagi siswa dan orang tua. Farid Fadli, akrab disapa Awit untuk kedua kalinya berbagi inspirasi tentang metode komunikasi efektif.

Pertama, Awit menyampaikan bahwa komunikasi menyampaikan tiga hal. Pikiran, data dan emosi. Kedua, trainer pendidikan Global Mandiri ini memberikan tips dan trik. Sebaiknya guru mengetahui tiga hal sebelum berkomunikasi antara lain Preparation (persiapan), communication skills (kemampuan komunikasi) dan external factors (faktor-faktor eksternal). Ketiga, fokus, imajinasi dan emosional guru wajib diperhatikan sehingga siswa dan orang tua merasa dihargai sebagai manusia.

“Kunci keberhasilan komunikasi sebenarnya, bukan terletak pada bahasa verbal atau lisan. Justru, bahasa non verbal seperti gesture (bahasa tubuh), timing (waktu), ekspresi dan lain sebagainya.”, tambah Awit.

Guru kelulusan S2 Sejarah Universitas Indonesia ini memberikan pelatihan dengan metode angket, games, dan simulasi. Guru-guru diberikan angket pemahaman mengenai apa itu komunikasi, mengapa membutuhkan komunikasi efektif dan bagaimana komunikasi yang efektif.

Simulasi komunikasi yang efektif pun diberikan Awit. Guru- guru dibagi dua kelompok menjadi kelompok komunikator (penyampai pesan) dan kelompok komunikan (pendengar). Simulasi seru tersebut diapresiasi guru kelas 3, Butet Sri Yanti yang berkomentar, “Seru nih traingnya, saya dapat tips dan trik menjadi penyampai pesan dan sekaligus pendengar yang baik.”

 

Newsroom/Anto
Jakarta

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi