HADIRKAN LAYANAN KESEHATAN YANG KOMPREHENSIF UNTUK DESA BERDAYA

SURABAYA. (04/04) Klinik Pratama RBG Rumah Zakat hadir di Surabaya sejak tahun 2008. Klinik yang semula bernama Rumah Bersalin Gratis ini diinisiasi Rumah Zakat untuk menjawab kebutuhan warga Surabaya akan akses kesehatan. Berlokasi di Jalan Sidosermo II kav 321 Kelurahanan Sidosermo Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Klinik Pratama RBG Rumah Zakat tidak hanya melayani persalinan dan ibu hamil, tapi juga kesehatan secara umum.

Selain mendirikan klinik gratis, ada beragam program kesehatan yang digulirkan oleh Rumah Zakat di Surabaya, diantaranya Ramah Lansia, Kebun Gizi, Sedekah Sampah, serta Care for Teen. Program-program tersebut diimplementasikan di wilayah Desa Berdaya Rumah Zakat di Surabaya dengan berbasis kelurahan. Setidaknya ada sembilan kelurahan di Surabaya yang diintervensi oleh Rumah Zakat dalam bidang kesehatan.

“Kecamatan Wonocolo adalah salah satu Desa Berdaya binaan Rumah Zakat, di mana di wilayah ini banyak tinggal masyarakat tidak mampu yang merupakan pendatang dari berbagai daerah. Biasanya para pendatang tersebut tidak memiliki BPJS jadi sangat mengandalakan keberadaan klinik pratama RBG, terutama para lansia,” tutur Zirzi Zubeir, Fasilitator Desa Berdaya bidang kesehatan di Surabaya.

“Itu pula yang menjadi salah satu faktor utama penyelenggaraan program Ramah Lansia dilakukan di Desa Berdaya Wonocolo yang berdekatan dengan Klinik Pratama RBG,” tambahnya.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi