HEWAN TERNAK BERSIH, DIJAMIN TERHINDAR DARI PENYAKIT KULIT

RZ LDKO CilegonSUBANG. Setiap pagi hari, aktifitas para peternak muda binaan RZ terbiasa untuk membersihkan hewan ternak. Selain kebersihan kandang, menjaga kebersihan hewan ternak juga merupakan faktor penting dalam memelihara ternak agar senantiasa sehat dan berkuatlitas baik.

Asep Hamdani (19 Tahun), pagi ini dengan dibina Pendamping Masyarakat Ternak melakukan aktifitas kebersihan hewan ternak dengan membersihkan bulu domba jantannya. “Sekarang saya praktek cukur domba biar selalu sehat,” ujar Asep saat ditanya PMT nya, Nana Hidayat di Desa cerelek, Subang, Jawa Barat (17/2).

Nana menambahkan, bahwa setelah membantu Asep mencukur dirinya mengarahkan untuk memandikan hewan ternaknya. “Nah, setelah diarahkan mencukur ini, peternak harus biasakan juga memandikannya agar kebersihan tersebut semakin terjaga,” tutur Nana,

Seperti diketahui, bulu-bulu yang menggumpal dan kotor pada ternak domba sebaiknya digunting, karena kondisi bulu yang seperti ini merupakan tempat yang baik untuk bersarangnya penyakit, parasit dan jamur yang dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan hewan ternak. Tujuan dilakukan pencukuran yaitu untuk menjaga kesehatan dari kuman penyakit, parasit-parasit luar (ekto parasit) seperti kutu serta penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh jamur. Selain untuk pencegahan penyakit, pencukuran juga dilakukan untuk memperindah domba terutama pejantan

Adapun pencukuran dapat dilakukan setahun 1 sampai 2 kali pada betina, sedangkan pada pejantan dilakukan setiap 3 sampai 4 bulan karena pejantan harus selalu kawin dan jika rambutnya panjang akan mengganggu aktivitas perkawinan, juga mengurangi keindahan.

Newsroom/Hartini
Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi