IJOLAN ROKOK PERINGATI HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA 2013

RZ_rokok_kediriKEDIRI. Berbagai macam cara memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Salah satunya adalah dengan ijolan rokok (menukar rokok), yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat cabang Kediri. Di tengah-tengah keramaian orang berolahraga, dan para pedagang event ini digelar mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB di pintu masuk Gor Jayabaya, Kota Kediri Minggu (19/5).

Hari Tanpa Tembakau di Kediri tahun ini, mengambil tema “Kurangi Konsumsi Rokok, Penuhi Gizi Keluarga” dengan aplikasi ijolan rokok. Tim Ijolan rokok terdiri atas tim marketing, tim medis, dan tim pelayanan. Tim marketing yang terdiri atas anak penerima Beasiswa Ceria dan relawan melakukan sweeping perokok untuk meminta rokoknya ditukar dengan kupon pelayanan.

Kupon pelayanan ini guna mendapatkan fasilitas susu sapi segar, tensi gratis, masker kesehatan, stiker, dan media edukasi bahaya rokok. Sehingga total pelayanan jika diuangkan sekitar Rp9 ribu. Alhasil, ratusan perokok rela untuk menukarkan rokoknya.

Tujuan dari perayaan Hari Tanpa Tembakau ini adalah menyebar luaskan informasi bahwa rokok mahal dan berbahaya bagi kesehatan. Ijolan rokok ini diharapkan dapat mengalihkan alokasi pembelian rokok untuk pemenuhan gizi keluarga, seperti susu, buah, dan sayur. Beberapa masyarakat mengaku rela menukarkan rokoknya dan banyak masyarakat baru tahu, bila ada Hari Tanpa Tembakau Sedunia. “Ini silahkan ambil semua rokokku,” ujar salah seorang warga yang enggan disebut namanya.***

Newsroom/Derajat Prasojo
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi