KAIN ECOPRINT JOGJA SIAP IKUTI PAMERAN JOGJA EXPO CENTER

YOGYAKARTA. Rabu (04/10), para bunda sains, sebutan member binaan Rumah Zakat di Kampung Sains Karangkajen sedang berusaha mempraktekkan ilmu Ecoprint yang sudah diperoleh sekaligus mempersiapkan bahan-bahan yang akan dibawa pada pameran Jogja Expo Center pada tanggal 12-16 Oktober mendatang. Sebelumnya, para bunda sains ini telah mengikuti pelatihan yang dibimbing oleh Ibu Nuci dan Bapak Indra Suryanto, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Berdaya Karangkajen, Kel. Brontokusuman pada hari Kamis, (28/09).

Eco. J singkatan dari Ecoprint Jogja adalah nama yang dijadikan sebagai merk dari produk yang akan dipamerkan. Dalam penyiapan bahan-bahan untuk pameran, para bunda ini beberapa hari sebelumnya telah mencari dedaunan yang akan dipakai sebagai sumber pewarna alami dalam proses Ecoprint.

Dengan gembira, semuanya bekerja cekatan untuk memproduksi sekitar 10 lembar kain berbahankan sutra. Dimulai dengan tahap persiapan dan pengkondisian kain dengan mencelupkannya pada air cuka kemudian digelar di tempat yang rata. Selanjutnya bahan-bahan pewarna seperti daun dan bunga disusun dengan motif sesuai selera, kain digulung dan dikiat untuk proses pengukusan.

Setelah itu dilakukan proses pengukusan selama 2 jam. Setelah dikukus bahan dikeluarkan dibuka dan diangin-anginkan sampai dingin dan kering.

Untuk lebih mengikat warna, kain tadi direndam kembali ke larutan cuka selama 5 menit lalu di keringkan. Setelah proses selesai kain bisa disetrika agar efek warnanya semakin kuat.

“Mohon doanya semoga sukses dalam pameran nanti serta bisa terus berkelanjutan dan menebar manfaat,” tutur Fasilitator.

Newsroom/Kuna
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi