KARANG TARUNA DESA WONOGIRI ANTUSIAS IKUTI SEMINAR WIRAUSAHA

WONOGIRI. “Bolehlah tinggal di desa, namun penghasilan tak kalah dengan mereka yang tinggal di kota.” Demikian cuplikan motivasi yang disampaikan oleh Mukhlisin, S.Pd di depan puluhan anak muda anggota Karang Taruna Manunggal dusun Karangasem, Ngancar Giriwoyo Wonogiri.

Jumat, (16/06) relawan Rumah Zakat Nofrida AP, SS kembali memfasilitasi upaya pemberdayaan masyarakat, kali ini di bidang ekonomi yang termasuk kedalam program Senyum Mandiri. Kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah Ketua Takmir Masjid Nurul Huda Ngancar, H. Sarmidi.

Narasumber seminar kewirausahaan kali ini adalah aktivis PPMI (Persatuan Pengusaha Muslim Indonesia) yaitu Mukhlisin, S.Pd. “Enterpreneur atau bisnis berbeda dengan sekedar berdagang ataupun berjualan. Wirausaha memiliki nilai, yakni menambah nilai suatu barang,” tutur Mukhlisin.

Lebih lanjut, ia memberikan beberapa contoh. Salah satunya adalah pensil. Saat dijual dalam bentuk aslinya, harganya tak seberapa. Namun setelah dimodifikasi dengan menambahkan beberapa aplikasi di atasnya, nilai jualnyapun berubah drastis, yakni lebih mahal.

Selain itu, pemilik toko herbal tersebut mengupas tentang inti berwirausaha, yaitu adanya kreatifitas dan komitmen. Kreatifitas melahirkan banyak ide untuk berkarya, sedangkan komitmen melahirkan daya juang dan mental baja yang harus dimiliki para pengusaha. Mengingat tantangan dalam berwirausaha sangatlah banyak.

Saat menjelaskan, aktifis PPMI (Persatuan Pengusaha Muslim Indonesia) tersebut menceritakan perjalanan wirausahanya sejak kecil yang penuh liku tetapi memberikan inspirasi bagi para audiens. Transfer ilmu yang dipadukan dengan pengalaman membuat suasana lebih hidup.

Setelah materi selesai, Nofrida AP, SS, relawan Rumah Zakat desa Ngancar menantang audiens untuk melakukan praktek kewirausahaan yang akan dilaksanakan dalam waku dekat. Para audiens pun dengan semangatnya langsung menyatakan setuju untuk melakukan praktek wirausaha. Kegiatan dilanjutkan setelah melaksanakan sholat maghrib.

Newsroom/Dian Ekawati

Wonogiri

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi