KIAT BERBUKA PUASA YANG SEHAT DI BULAN RAMADHAN

Oleh: Budi Setiawan Djamhoer

Apa yang terjadi saat kita berbuka di bulan Ramadhan? Tentu yang paling teringat adalah begitu nikmatnya minuman dan makanan yang masuk ke dalam mulut kita karena sepanjang hari kita berpuasa dan memang Allah memberikan kenikmatan tersebut sebagai salah satu karunia-Nya untuk orang yang berpuasa.

Berikut beberapa tips yang berbuka puasa yang baik, diantaranya :

  1. Mulai Berbuka Secara Pelan-Pelan Dan Bertahap

Mulai dengan minum air putih untuk membatalkan sambil merehidrasi hilangnya cairan selama menjalankan puasa. Dianjurkan minum air yang hangat agar lambung tidak kaget dengan tidak langsung mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin. Selanjutnya, ditambah makanan yang manis terlebih dahulu, namun yang alamiah misalnya madu, kurma atau bisa dengan buah-buahan yang segar.

Makanan pembuka berupa kurma sudah mengandung  sumber gula, serat, kalium karbohidrat, dan magnesium. Kurma juga bisa mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Bisa juga berupa buah-buahan, karena menyediakan aneka nutrisi yang melimpah, mulai dari vitamin hingga mineral yang tentu dibutuhkan tubuh sepanjang hari.

Jangan kalap saat berbuka puasa dengan tidak terburu-buru saat makan. Setelah berpuasa selama satu hari penuh, terlalu banyak makan saat berbuka bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

  1. Makanan Yang Mengandung Gizi Seimbang

Makanan utama setelah berbuka, sebaiknya memiliki komposisi makronutrisi yang lengkap dan seimbang antara protein, karbohidrat, dan lemak yang bersumber dari bahan alami serta cara pengolahan yang baik. Jangan sampai berlebihan sodium karena bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Saat makan malam, jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan lengkap yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks mengandung karbohidrat yang struktur kimianya terdiri dari tiga molekul gula atau lebih yang biasanya saling terikat dalam suatu rantai molekul. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah oatmeal, Beras merah, Kentang, Pisang, Jagung, Ubi jalar, Alpukat, Kedelai dan lain – lain.

 

Tags :
Konfirmasi Donasi