KISAH SUKSES PENJUAL KETOPRAK & SOTO AYAM

RZ_soto-ayam-300x225CILEGON. Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila warganya ikut berpartisipasi. Suatu usaha hanya berhasil dinilai sebagai pemberdayaan masyarakat apabila kelompok komunitas atau masyarakat tersebut menjadi agen pembangunan atau dikenal juga sebagai subyek.

Disini subyek merupakan motor penggerak, dan bukan Penerima Manfaat atau obyek saja. karena banyak program pemerintah, maupun program bantuan swasta yang bekerja sama dengan pemerintah dalam hal peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan, guna menekan angka pengangguran, angka kemiskinan, maupun keberagaman. Begitu juga Rumah Zakat cabang Cilegon dengan programnya ikut andil dalam pemberdayaan masyarakat tersebut.

Sudah banyak Penerima Manfaat yang telah dilayani oleh Rumah Zakat cabang Cilegon terutama 16 warga binaan proyeksi mandiri yang sudah mempunya usaha di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) Yang menggunakan sarana gerobak seperti usaha yang dirintis oleh Ali Wardono (Usaha Bakso), Ponimin (Bubur Ayam), Dadang (Chicken) dan warga binaan dengan berbagai usaha lainnya.

Suyono (Usaha Ketoprak dan Soto Ayam) salah satu Penerima Manfaat KUKMI Rumah Zakat cabang Cilegon, kini meraskan kegembiraannya setelah bisa bergabung dengan Rumah Zakat dari akhir 2011 yang lalu , karena usahanya sempat terhenti beberapa bulan dan gerobaknyapun tidak terpakai sehingga rusak dengan sendirinya.

Setelah mendapatkan bantuan KUKMI dan perbaikan gerobak sampai saat ini usahanya masih berjalan dan sudah mempunyai pelanggan walaupun hanya para karyawan/buruh pabrik karena membuka usahanya di Kawasan Industri Krakatau tapi tak jarang ketika menuju tempat mangkal dijalananpun ada yang membeli juga. Usaha Suyono kini telah mengalami kemajuan, usahanya kini tidak pernah sepi. Kini setiap harinya dia mendapatkan omset tidak kurang dari Rp 180 ribu dan THPnya minimal Rp 60 ribu.

Sambutan ramah dan senyuman tulus selalu terlihat serta doa tulus selalu terucapkan oleh Suyono, dan Istrinya Tursiyah saat Micro Business Officer melakukan pendampingan kerumah dan tempat usahanya, Terima kasih pada Rumah Zakat sudah banyak membantu semoga diberikan kelancaran dan keberkahan,’’ ungkapnya.***

Newsroom/Diki Taufik Sidiq
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi