KODAM IV DIPONEGORO AJAK RELAWAN RZ SEMARANG HIJAUKAN GUNUNG UNGGARAN

KODAM IV DIPONEGORO AJAK RELAWAN RZ SEMARANG HIJAUKAN GUNUNG UNGGARANSEMARANG. Tim Relawan RZ Semarang yang langsung dipimpin oleh Koordinator Relawan RZ Semarang turut mengambil bagian dalam aksi penanaman pohon di Gunung Unggaran yang beberapa waktu sempat terbakar. Selain mengirimkan peserta untuk menanam, juga mengirimkan Tim relawan Dapur Umum (DU) yang di BKO kan di bawah Bekang KODAM IV DIPONEGORO, Jawa Tengah.

Disamping personel, juga disiagakan satu unit ambulance gratis dari RZ untuk evakuasi dan penanganan bila terjadi kejadian-kejadian yang tak terduga di event tersebut. “Alhamdulilah, meskipun ditengah kondisi cuaca yang sedikit kurang bersahabat dan adanya kecelakaan dari beberapa peserta, pelaksanaan 1001 Pendaki Menanam Pohon ini berjalan lancar,” Ungkap Irma kordinator relawan RZ Semarang.

“Peserta yang mengalami kecelakaan kecil pada saat menanjak ke lokasi dapat segera dikondisikan dan tertangani oleh rekan-reka relawan dengan sigap dan tepat” Tambahnya lagi.

Sedikitnya ada 1.700 relawan yang berasal dari Kabupaten Semarang dan daerah lain di sekitarnya melakukan “gugur gunung” dalam acara bertajuk “1.001 Pendaki Tanam Pohon” di lereng Gunung Ungaran pada 13-14 Februari kemarin.

Peserta tersebut terdiri atas komunitas pecinta alam, LSM pemerhati lingkungan, TNI, pramuka, pelajar dan mahasiswa hingga masyarakat umum. Acara ini juga dihadiri oleh Komandan Kodim Kab.Kendal beserta jajaran Muspika serta perwakilan perusahaan setempat.

Kegiatan yang bertema “Tanam, tanam, tanam untuk kehidupan” dilakukan di dua jalur pendakian, yakni di Pos Mawar, Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang dan Pos Medini, Promasan, Boja, Kabupaten Kendal dengan target tanam 6.000 bibit tanaman endemik gunung.

Tujuan penanaman ini untuk menghijaukan kembali ruang tandus di sekitar jalur pendakian gunung Ungaran dan juga untuk merehabilitasi kawasan lereng gunung Ungaran yang sempat terbakar pada kemarau lalu.

Kepala Desa Sidomukti, Rovik Ashari mengatakan, dengan menanam berarti telah memberikan warisan yang sangat berharga untuk anak cucu di masa mendatang.***

Newsroom/Surianto
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi