KOLAM LELE HIDROGANIK UNTUK PANTI ASUHAN AR RAHMAN, PENIWEN

MALANG. Peniwen merupakan salah satu desa di kecamatan Kromengan, selatan kabupaten Malang. Desa yang subur dan berpenduduk padat ini, terletak di salah satu lereng Gunung Kawi.

Ada 2 gereja besar yang berlokasi di desa yang memang hampir 100 % penduduknya beragama Nasrani tersebut. Ada peternakan dan penyembelihan babi yang besar di wilayah tersebut.

Di sudut salah satu desa tersebut, berdiri sebuah Panti Asuhan Ar Rahman yang dihuni oleh 35 anak panti dan 2 pendamping panti.

Usia anak anak panti bervariasi, mulai dari jenjang SD hingga kuliah.

Dalam 2 pekan ini, Relawan inspirasi Rumah Zakat membantu menyalurkan bantuan dari Rumah Zakat. Bantuan berupa kolam lele, yang berintegrasi dengan sayuran hidroganik. Rumah Zakat bekerjasama dengan “Bengkel Mimpi” yang dikomandani oleh Pak Basiri, untuk penyediaan instalasi kolam hidroganik. Ada 4 kolam yang sedang dikerjakan di Desa Peniwen.

“Pemilihan kolam dengan sistem hidroganik tersebut bukan tanpa alasan. ada 4 hal yang ingin dicapai dengan pengadaan kolam hidroganik” ujar Fasilitator Rumah Zakat, Saat pembelajaran dan pendampingan pertama tentang teknis pelaksanaan kolam tersebut.

Yang pertama adalah memberi ketrampilan lebih untuk anak anak panti, sehingga nanti punya tambahan keahlian yang bisa diaplikasikan ketika keluar dari panti. Yang kedua melatih tanggung jawab dan kemandirian untuk anak anak panti. Sekaligus latihan kewirausahaan, agar bisa lebih mengembangkan usaha.

Lalu yang ketiga adalah sebagai salah satu sumber tambahan SDA bagi panti. Entah untuk dijual dan dikembangkan, maupun untuk memenuhi kebutuhan pangan anak anak panti sehari hari. Dan yang keempat adalah karena kolam hidroganik bentuknya bagus dan indah, dan juga organik, bisa sebagai nilai lebih bagi panti. Sehingga bisa menjadi tempat kunjungan belajar bagi masyarakat sekitar.

Ustadz Kholiq sebagai pengasuh dan pembina PA Ar Rahman menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang sebesar besarnya kepada Rumah Zakat.

“Terimakasih Rumah Zakat. Semoga semakin menebar manfaat bagi Nusantara. Aamiin” ujar Ustadz Kholiq.

Newsroom

Dani Suhardi / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi