KTD TIGA EMPAT RAMAIKAN LOMBA LUMBUNG PEKARANGAN KOTA YOGYAKARTA

YOGYAKARTA. Selasa, pagi (24/10), Kelompok Tani Dewasa (KTD) Tiga Empat RW 9 Patehan mendapatkan pendampingan dan monitoring dalam rangka Lomba Lumbung Pekarangan yang diikuti oleh 31 petani sayur Kota Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Petani Sayur (Sepur) Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta.

Monitoring dilakukan oleh Bapak Eka Budi Suprihatin, S.PKP. dan Bapak Suryadi dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Giwangan, Bapak Dwi Darma dan Ibu Endang Retno Udiyaningsih dari Asosiasi Petani Sayur (Sepur) Kota Yogyakarta.

Monitoring berlangsung dengan penuh keakraban. Dengan terseling arahan dan pujian, sudut-sudut wilayah KTD Tiga Empat ditinjau dan dinilai.

“Untuk KTD Tiga Empat, ke depan diharap lebih memanfaatkan pekarangannya lagi khususnya untuk tanaman sayurannya yang merupakan lumbung pangan. Dengan adanya sayuran ini manfaatnya banyak sekali, termasuk kalau mau nyayur tinggal petik. Bisa untuk campuran buat mie, sop, oseng, capcay. Dengan memetik sendiri kita dapat sayuran segar yang nilai gizinya masih utuh dan aman tanpa pestisida. Beda dengan beli di warung yang mungkin kita tidak tahu sayuran itu darimana, yang kebanyakan (ditemui) penggunaan pestisida yang berlebihan…,” tutur Bapak Dwi Darma.

Apresiasi juga disampaikan oleh tim monitoring terkait sinergi KTD Tiga Empat dengan Rumah Zakat yang diwakili oleh Fasilitator Desa Berdaya Patehan, Edy Dwi Daryapto.

“Ke depan, kami akan lebih mengoptimalkan peran KTD Tiga Empat terutama perannya dalam mengedukasi masyarakat untuk mengasrikan lingkungan dengan bertanam dan hidup sehat dengan menyukai sayuran,” ungkap Fasilitator Desa Berdaya Patehan.

Newsroom/Kuna
Yogyakarta

 

Tags :
Konfirmasi Donasi